BanggaiKab.go.id- Tak dipungkiri media sosial berbasis internet mobile yang mendominasi cara dan perilaku masyarakat berkomunikasi menuntut kehati-hatian dalam menerima, menyaring dan menyebarkan informasi. Hal ini disampaikan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) Kabupaten Banggai, Drs. Natalia Patolemba M.Si saat memaparkan presentasinya di hadapan awak media dalam acara media gathering yang digelar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Luwuk di lantai 3 spare room Hotel Swiss Belinn, Rabu (21/6).

Dalam kesempatan itu kepala BPJS Cabang Luwuk Drs. Prabowo M.Kes, AAAK juga memaparkan informasi tentang program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah meraka laksanakan. Mengingat potensi akan resiko, terkait kesehatan, yang bisa datang kapan saja, program JKN dicetuskan dengan mengedepankan prinsip gotong-royong, nirlaba, keterbukaan, kehati-hatian, kepesertaan wajib, akuntabilitas, portabilitas, dana amanat serta hasil pengelolaan yang seluruhnya untuk pengembangan program dan kepentingan peserta.

BPJS Cabang Luwuk yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Tojo Una-una, Morowali, dan Morowali Utara telah melakukan sejumlah kegiatan diantaranya senam PROLANIS di Puskesmas Luwuk dan Kampung Baru, kegiatan pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) di Puskesmas Luwuk dan Bunta, sosialisasi dan talkshow JKN-KIS serta pembentukan kader JKN-KIS.

Masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo Banggai juga menerangkan, sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang baru terbentuk, Diskominfo Kabupaten Banggai sedang gencar menyosialisasikan program serta perannya sebagai birokrasi layanan komunikasi dan informasi Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai.

Tugas dan tanggung jawab yang melekat pada Diskominfo berkaitan dengan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Aplikasi Informatika (APTIKA), Statistik dan Persandian. Saat ini informasi mengenai Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai dapat diakses melalui www.banggaikab.go.id.

Kepala Diskominfo menutup presentasinya dengan harapan agar media dan BPJS menjadi mitra dalam menyebarluaskan informasi ke masyarakat. “Terutama informasi yang menyentuh langsung  kebutuhan dasar masyarakat”, ujarnya.

Acara yang berlangsung hangat ini ditutup dengan sesi tanya jawab dari peserta perempuan yang tertarik pada program pemeriksaan IVA, salah satu metode pemeriksaan terkait kanker serviks, yang telah dilakukan BPJS Cabang Luwuk.

Liputan: diskominfo