Kintom– Upaya Pemerintah Kabupaten Banggai menggaungkan gerakan moral pinasa (pia na sampah ala, yang berarti lihat sampah, ambil) terus digiatkan. Tidak hanya di lingkup pemerintahan, kegiatan seperti ini juga melibatkan–baik langsung maupun tidak langsung–partisipasi masyarakat.

Minggu (1/7/2018), bertempat di Kelurahan Mendono, Kecamatan Kintom, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banggai menggelar acara senam massal dan jalan santai pinasa. Bupati Banggai H Herwin Yatim bersama sejumlah pejabat daerah dan masyarakat Kecamatan Kintom tumpah ruah di jalanan. ¬†Kegiatan jalan santai sembari memungut sampah plastik itu disambut antusias oleh warga. Sampah yang dikumpulkan dalam kantong plastik dan karung lalu dibawa menuju Lapangan Garuda Mendono–tempat utama kegiatan. Warga semakin antusias saat instruktur senam mulai memberi aba-aba dari tribun lapangan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dispora Syaifuddin Muid mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat supaya gemar berolahraga dan membudayakan gaya hidup sehat. Bupati Banggai mengapresiasi langkah Dispora sebagai inisiator kegiatan. Dia berharap masyarakat selalu mendukung program-program pemerintah daerah yang sejenis. Demi mewujudkan itu, bupati mengaku telah menginstruksikan semua perangkat daerah agar bekerja sesuai dengan tupoksi dan bersinergi demi merealisasikan visi-misi Pemerintah Daerah.

Cuaca mendung dan sempat diguyur hujan tak mengurangi antusiasme warga. Terlebih saat pengundian doorprize mulai diumumkan oleh panitia pelaksana kegiatan. Selain sejumlah peralatan elektronik, doorprize yang dibagikan juga berupa tabungan dari Bank Syariah Mandiri.

Liputan: Diskominfo