BanggaiKab.go.id—Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim MM, mengingatkan kepada seluruh generasi muda yang ada di Kabupaten Banggai agar jangan mau dilemahkan pihak asing dengan cara apapun. Alasannya, karena daerah kita memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah ruah.

BUPATI BANGGAI, Ir Herwin Yatim MM, saat menjelaskan potensi kekayaan alam Kabupaten Banggai yang harus dijaga bersama, Minggu pagi (3/9/2017) di Kelurahan Mangkio Baru.

Itu disampaikan Bupati dalam sambutan pada pertemuan dengan sejumlah tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan perwakilan kerukunan etnis di Kabupaten Banggai pada tanggal 3 September 2017 di halaman Kantor Kelurahan Mangkio Baru.

Bupati menguraikan kekayaan alam kita seperti gas bumi sudah terkenal hingga ke mancanegara. Hal itu membuat pihak asing ingin menguasainya. Namun, secara tatanan kepemerintahan keinginan pihak asing tersebut sangat sulit tercapai. Oleh karena itu dimungkinkan cara mereka menguasai kekayaan alam kita ialah dengan merusak generasi muda melalui hal-hal negatif seperti narkoba dan lainnya.

“Dunia sangat tertarik dengan kekayaan alam kita. Jadi saat kita tahu itu maka mari kita sama-sama menyatakan untuk tidak boleh daerah kita tercabik-cabik hanya karena suatu persoalan,” paparnya, Minggu (3/9/2017) di hadapan puluhan masyarakat setempat dan sejumlah tokoh adat, perwakilan pangguyuban, dan tokoh pemuda di halaman Kantor Kelurahan Mangkio Baru, Kecamatan Luwuk.

Ia menjelaskan bahwa sumur-sumur gas yang sudah beroperasi saat ini, hanyalah bagian kecil dari kekayaan alam Kabupaten Banggai. Sebab, masih ada beberapa potensi sumur gas di wilayah Balantak, Bualemo, Pagimana hingga Bunta. Untuk itu, Ia mengharapkan agar seluruh elemen dapat menjaga persatuan guna menjaga kekayaan alam yang ada, terutama kepada para generasi muda.

Tak hanya itu, Bupati juga berharap peran aktif orang tua, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk ambil bagian dalam pembinaan generasi muda. Dengan harapan, agar generasi muda ke depan tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah hingga berdampak buruk ke keluarga dan daerah.

Generasi muda menurut Bupati harus memiliki fisik dan mental yang kuat.  Jangan lemah. Bersama-sama harus bisa berkomitmen untuk menjaga daerah agar tidak dikuasai oleh orang-orang luar (pihak asing). Ia menyatakan telah melakukan kesepakatan bersama dengan Ketua DPRD Banggai, Syamsulbahri Mang bahwa pemuda lokal akan selalu diberi peluang kerja dalam setiap pengelolaan kekayaan alam Kabupaten Banggai. ***

 

BUPATI BANGGAI, Ir Herwin Yatim MM, melayani masyarakat Mangkio Baru untuk menikmati makanan (Lalampa-red) yang tersedia di meja.

 

 

 

 

 

 

 

Laporan: Tim Liputan Diskominfo Banggai