BanggaiKab.go.id- Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola M.Si mengingatkan Pemerintah Kabupaten Banggai agar tidak terlena atas kekayaan alam yang dimiliki berupa minyak dan gas bumi yang saat ini dikelola PT Donggi Senoro LNG. Hal ini disampaikan saat dirinya menghadiri malam ramah tamah peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Banggai ke-57 sekaligus halal bihalal panitia Peringatan Hari Besar Islam bersama Pemkab Banggai di halaman rumah jabatan Bupati, Sabtu (8/7).

Peringatan ini cukup masuk akal mengingat cadangan minyak dan gas bumi yang terkandung di bumi “Babasal” hanya bertahan sekitar 15 sampai 20 tahun. Sudah semestinya Pemkab Banggai memikirkan pemanfaatan potensi daerah di sektor lainnya. “Maka dari sekarang sudah harus mempersiapkan diri tentang potensi-potensi lain yang bisa kita kembangkan seperti pertanian, perkebunan, kelautan dan sebagainya supaya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banggai ini tetap eksis”, kata Gubernur di depan para hadirin.

Salah satu langkah menjawab kekhawatiran itu, Pemkab Banggai meluncurkan Kartu Petani Sejahtera yang secara simbolis dibagikan pada momen peringatan HUT Kabupaten Banggai di Alun-alun Bumi Mutiara dan disaksikan langsung oleh Gubernur Longki Djanggola.

Gubernur mengakui pembangunan dan pertumbuhan, khususnya ekonomi, di Kabupaten Banggai cukup menggeliat. Dia berharap prestasi yang telah dicapai ini mampu ditingkatkan. Minimal dipertahankan. Sementara itu Bupati Herwin Yatim dalam sambutannya mengakui bahwa apa yang telah dicapai tak lepas dari koordinasi yang baik antara Pemkab Banggai dengan Pemerintah Provisinsi Sulawesi Tengah juga dengan lembaga legislatif DPRD Kabupaten Banggai.

Melihat kondisi masyarakat Banggai yang heterogen, momen halal bihalal yang telah membudaya di Indonesia diharapkan menjadi peringatan untuk saling menghargai keyakinan masing-masing, mengingat banyak paham keagamaan yang mengajarkan kebencian satu sama lain. “Jika daerah kita sengaja diribut-ributkan, diprovokasi, saya takut calon-calon  investor berpikir (untuk tidak) berinvestasi di Kabupaten Banggai”, tandas Gubernur Longki Djanggola yang dijadwalkan bertolak ke Palu pada Minggu (9/7).

Acara ramah tamah dan halal bihalal ditutup dengan pengumuman lomba pawai takbir oleh PHBI. Pemenang pertama diraih oleh Masjid Kompi Kelurahan Simpong yang berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp 4 juta beserta piala. Masjid Nurul Falah Kelurahan Jole dan Masjid Pancasila Kelurahan Kompo masing-masing diurutan 2 dan 3 berhak atas hadiah Rp 3 juta dan Rp2,5 juta beserta piala.

    

Liputan: diskominfo