BanggaiKab.go.id, Pagimana– Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola didampingi Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim meresmikan tiga bangunan pasar rakyat sekaligus, yang meliputi pasar pagimana, pasar sindang sari, dan pasar sumber mulya. Peresmian secara khsus ditempatkan di Halaman Pasar Kecamatan Pagimana, Kamis (17/09/2020) siang.

Turut bersama Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo, Unsur Forkopimda, Camat Pagimana, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat.

Hasrin Karim Kepala Dinas Perindag Kabupaten Banggai, menyampaikan bahwa sesuai Visi dan Misi Kabupaten Banggai, untuk meningkatkan Ekonomi Kerakyatan sehingga Dinas Perindag Kabupaten Banggai untuk mewujudkan Visi dan misi tersebut Kami wujudkan melalui peningkatan Infrastruktur Pasar Rakyat , untuk itu Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Tugas Perbantuan dapat membangun 3 Pasar Rakyat antara lain , Pasar Pagimana, Pasar Sindang Sari dan Pasar Sumber Mulia tetapi Pemanfaatan Pasar ini tertunda akibat musabah Virus Covid 19 , Hasrin Karim juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Bapak Gubernur melalui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi atas rekomendasi yang diberikan sehingga Pemerintah Pusat dapat memberikan Alokaso Anggaran melalui Tugas Perbantuan Tahun 2019 untuk membangun Pasar di Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai Herwin Yatim Menyampaikan Ucapan terimakasih kepada Gubernur Sulawesi Tengah di sela sela Kunjungannya.
“Saya memohon kiranya Gubernur dapat berkenan meresmikan Pasar Rakyat yang sudah selesai di Bangun yang diPusatkan di Pagimana sebagai hadiah yang sangat berharga untuk masyarakat Banggai,ucapnya.

Lanjutnya, pada saat itu saya minta setelah bapak Gubernur Tiba di Banggai mau menyebrang ke Bangkep, Suatu kesyukuran Gubernur langsung menyatakan kesediaan beliau , ucapan terimakasih pula kepada Gubernur karena dimasa kepemimpinannya sudah banyak berbuat dan mendorong pertumbuhan pembangunan di Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Banggai.

Drs. H. longki Djanggola pada kesempatannya menyampaikan bahwa, kesediaan saya untuk meresmikan 3 Pasar Rakyat ini sehubungan dengan bahwa anggaran pembangunan Pasar ini bersumber dari Tugas Perbantuan atau APBN, Gubernur sebagai perwakilan Pemerintah Pusat yang ada di daerah, untuk itulah saya langsung bersedia untuk meresmikan Pasar ini.

“Saya memberikan apresiasi atas selesainya pembangunan pasar pagimana, pasar sindang sari, dan pasar sumber mulya yang pembiayaannya bersumber dari dana apbn kementerian perdagangan ri tahun 2019 dengan rincian dana bantuan untuk pasar pagimana sebesar 6.170.200.000 (6 milyar 170 juta 200 ribu rupiah) dengan jumlah 170 los dan 42 petak; pasar sindang sari sebesar rp. 3.801.720.000 (3 milyar 801 juta 720 ribu rupiah) dengan jumlah 88 los dan 13 petak; serta pasar sumber mulya sebesar rp.3.804.580.000 (3 milyar 804 juta 580 ribu rupiah) dengan jumlah 92 los dan 9 petak.”ungkap Longki

Menurutnya, pasar sindang sari dan pasar sumber mulya sebelumnya belum pernah mendapatkan bantuan untuk pengembangannya, sehingga kami mengharapkan semoga keberadaan pasar rakyat dengan wajah yang baru ini dapat berfungsi sebagai salah satu akselerator, penggerak kemajuan perekonomian daerah dan masyarakat, selanjutnya Gubernur menyampaikan bahwa Pasar merupakan sarana vital yang diperlukan masyarakat untuk mempermudah memasarkan hasil pertanian, perikanan, kerajinan dan sebagainya. oleh karena itu, pasar rakyat yang baru dibangun ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah daerah dalam menghadirkan fasilitas perekonomian yang makin memadai di provinsi sulawesi tengah, khususnya di Kabupaten Banggai.

“Untuk itu, saya mengajak, ayo kita sama-sama merawat dan memeliharanya, terutama saya minta supaya dijaga betul kebersihan, keindahan dan kerapihan penataannya, agar kesan pasar tradisional yang kumuh, kotor dan jorok bisa dihindari, pada gilirannya kita dapat menciptakan pasar yang bersih dan sehat sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat pasar ini dalam jangka panjang begitu juga dengan keamanan dan ketertiban pasar, saya minta kepada pengelola agar menjaganya dengan baik, jangan sampai terjadi aksi-aksi kriminalitas, konflik antar pedagang, monopoli dagang, dan juga kesewenang-wenangan oknum yang suka memungut iuran-iuran ilegal, yang kesemua hal ini dapat mengganggu aktivitas pelaku ekonomi dalam berusaha.

Diakhir Sambutannya Gubernur , menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Banggai dan Masyarakat atas dukungannya dapat memutus dan mengendalikan Penyebaran Virus Covid -19, tetapi saya meminta agar kita semua jangan lalai untuk terus menerapkan Protokol Kesehatan , Patuh untuk terus memakai masker, rajin mencuci tangan dan terus menjaga jarak.

Terakhir Gubernur didampingi Bupati, Wakil Bupati Banggai, Kajari Banggai , meresmikan Pasar Pagimana, Pasar sindang sari, dan pasar sumber mulya dan menggunting Pita sebagai pertanda dimulainya operasional Pasar.

TIM LIPUTAN MEDIAKOMINFO BANGGAI.