BanggaiKab.go.id – Bertempat di Lapangan Alun-Alun Bumi Mutiara, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk. Peringatan HUT KABUPATEN BANGGAI YANG KE 57 digelar dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih dan bendera Lambang Kabupaten Banggai, Sabtu (8/7).

Upacara peringatan HUT Kabupaten Banggai Ke 57 dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Tengah. H. Longki Janggola, selaku Inspektur Upacara. Bertindak sebagai Komandan Upacara Moh. Didik Ismuh Prihan Deni, S.STP, Sementara Drs. Alfian Djibran, MM, MH bertindak sebagai Perwira Upacara, suasana tampak berbeda dengan pengibar bendera Merah Putih yang dilaksanakan oleh Paskibraka Kabupaten Banggai, tampak Satuan Polisi Pamong Praja mengambil tanggung jawab sebagai pengibar Bendera Lambang Kabupaten Banggai dan beberapa tugas lainya.

     

Sebagai tamu undangan yang turut menghadiri hajatan besar Kabupaten yang beribukota Luwuk. Hadir juga Kabupaten lainnya seSulawesi Tengah tampak duduk bersama Bupati Banggai, Wakil Bupati Banggai, Ketua DPR dan Unsur FORKOPIMDA. Kegiatan tersebut juga dihadiri dari berbagai element masyarakat Kabupaten Banggai memenuhi tempat pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dalam pidato Gubernur Sulawesi Tengah H. Longki Janggola menyampaikan berbagai hal dimana peran serta berbagai pihak dan element masyarakat Kabupaten Banggai telah berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi hingga mencapai persentase angka yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Lanjut pidato Gubernur Sulawesi Tengah bahwa kemampuan Pemerintah Kabupaten dan program pengentasan kemiskinan sangat membanggakan, Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan harapanya melalui pidato dimana “pencapaian Pemerintah Kabupaten Banggai agar dapat dipertahankan, ditingkatkan dan dilanjutkan melalui sinergitasdan komitmen yang kuat dari semua pelaku pembangunan yang ada di daerah ini sesuai profesi dan bidang tugas masing-masing”. H. Longki Janggola.

Tidak hanya pelaksanaan upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT Kabupaten Banggai yang Ke 57, Masih ditempat yang sama terangkai beberapa kegiatan yang juga tidak kalah pentingnya, diantaranya :

  1. Launching Kamus Bahasa Saluan dan Bahasa Balantak yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, Kamus tersebut dikemas dengan system Applikasi Android, Oleh Bpk Sigit Widodo, Mr. Robert Brown, Bpk Tji Ping Leiog dan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, selaku pihak pelaksana penyusunan Kamus Bahasa Saluan dan Kamus Bahasa Balantak.
  2. Pemberian Penghargaan Pengembangan Nilai-Nilai Budaya dan Kearifan Lokal
  3. Penyerahan Piagam dan hadiah Juara Lomba Desa dan Lomba Kelurahan Tinggkat Kabupaten Banggai
  4. Penyerahan Kartu Nasional PSC 119
  5. Penyerahan Perdana Kartu Nelayan Sejahtera
  6. Penyerahan Klaim Asuransi Nelayan Dari PT. JASINDO

HUT ke 57 kali ini Pemerintah Kabupaten Banggai mengambil tema;

“Menjunjung Tinggi Harkat dan Martabat Nilai-Nilai Budaya Kearifan Lokal Kabupaten Banggai.

Tema kali ini merupakan perwujudan dari Visi Misi Bupati Banggai dan Wakil Bupati Banggai Kerja-kerja Pemerintah Kabupaten Banggai bersama jajaranya dalam menjalankan Visi Misinya terbilang ulet. Peluncuran Kamus Saluan dan Kamus Balantak berbasis teknologi Applikasi Android adalah serangkaian peresmian perjalanan kerja yang merupakan salah satu dari upaya Menjunjung Tinggi Harkat dan Martabat Nilai-Nilai Budaya Kearifan Lokal Kabupaten Banggai. Dan kedepan Pemerintah Kabupaten Banggai masih banyak program, banyak tugas kerja yang berhubungan dengan nilai-nilai budaya kearifan lokal budaya Kabupaten Banggai lainya. H. Herwin Yatim.

Upacara Memperingati HUT Kabupaten Banggai yang Ke 57 ditutup ditandai dengan Pelepasan Balon Gas Keudara.

 

 

Liputan : Diskominfo