Luwuk, BanggaiKab.go.id – Masyarakat Kabupaten Banggai patut bangga atas kepemimpinan DR (Candidat) Ir. H. Herwin Yatim, MM dan Drs. H. Mustar Labolo, dimana menjelang tiga tahun dilantik sebagai bupati dan wakil bupati kabupaten Banggai oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, keduanya sudah mengharumkan nama Kabupaten Banggai di tingkat provinsi dan nasional.

Dari catatan yang berhasil dihimpun, puluhan penghargaan atas prestasi yang diberikan untuk Kabupaten Banggai antara lain, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Pengelolaan Keuangan Daerah (LPKD). Dalam 5 tahun berturut-turut yakni tahun 2012, 2013, 2014, 2015 dan 2016, kabupaten Banggai berhasil mempertahannya.

Penghargaan selanjutnya dari Gubenrur Sulawesi Tengah, dimana Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah sejak tahun 2015, 2016 dan 2017, Kabupaten Banggai dinilai baik sehingga masuk dalam nominasi pembangunan tingkat nasional.

Dalam evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap LPPD tahun 2015 dan 2016 tingkat provinsi Sulawesi Tengah, nama kabupaten Banggai masuk didalamnya. Demikian hal dengan Anugerah Pangripta Nusantara Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam dua tahun berturut-turut yakni 2015 dan 2016, Kabupaten Banggai masih masuk dan menerima penghargaan tersebut.

Pada Tahun 2015 dan 2016 Majalah Tempo Jakarta menyelenggarakan Indonesia’s Atractivness Award dan lagi-lagi nama Kabupaten Banggai masuk dengan nominasi Pelayanan Publik Terbaik.

Pada tahun 2016, Bupati Banggai, DR (Candidat) Ir. H. Herwin Yatim, MM menerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Kebhaktian Sosial oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Maish pada tahun 2016, Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Kabupaten Banggai dengan nominasi masjid percontohan.

Pada bidang pertanian, Gubernur Sulawesi Tengah memebrikan penghargaan Anugerah Daya Saing Produk Pertanian Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016 dan 2017.

 

Bupati Banggai, DR (Candidat) Ir. H. Herwin Yatim, MM menerima Penghargaan Anugerah Daya Saing Produk Pertanian Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016  dari Gubenrur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola. (STEVEN LAGUNI)

 

 

Tidak sampai disitu, masih tahun 2016 dan 2017, Kabupaten Banggai menerima penghargaan dari pemerintah pusat karena telah melaksanakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Yang lebih membanggakan lagi, masa pemerintahan WINSTAR ini, keduanya berhasil mengharumkan nama kabupaten Banggai dimata Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI), dimana tahun 2018 nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) C naik menjadi BB.

Tak puas dengan itu, pada tahun 2017, DR (Candidat) Ir. H. Herwin Yatim, MM kembali mengharumkan nama Kabupaten Banggai dengan mendapatkan penghargaan dari Koran Seputar Indonesia (Sindo). Dari 27 Kepala Daetah Inovatif (KDI), ada nama bupati Banggai.

Pada ajang apresiasi keberhasilan para kepala daerah dalam mengelola dan menggarap potensi daerah, sehingga memacu pertumbuhan dan kemajuan berbagai sektor pembangunan ini, pemerintah daerah Kabupaten Banggai dinilai telah memberikan pelayanan prima kepada masyarakatnya.

Penghargaan lain yang diterima oleh bupati antara lain, Tokoh Peduli Anak Indonesia Mandiri tahun 2017 dan penghargaan Hospital Award Excellence In Patient Care Winner 2017. Tahun ini, pemkab Banggai meraih penghargaan National Procurement Award dan Inagara Award, penghargaan Sindo Government Award untuk Daerah Terbaik Kategori Pariwisata, penghargaan Pengelolaan Kepegawaian Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Tipe Adipura, penghargaan Paramesti tentang Daerah Tanpa Kawasan Asap Rokok, juara 1 Se-Sulawesi Tengah pada Festival Praktik Cerdas Posyandu Prakonsepsi Dinas Kesehatan, penghargaan Kategori Cakupan Tanam & Produksi Tanaman Jagung Tertinggi Se-Sulawesi Tengah, penghargaan kategori Bidang Infrastruktur Jalan di Wilayah Timur DAK Tahun Anggaran 2018, penghargaan Inovative Goeverment Awards (IGA), penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM RI yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, penghargaan dari Ombudsman RI untuk hasil survey kepatuhan terhadap standart pelayanan publik.

 

Wakil Bupati Banggai,Drs. H. Mustar Labolo menerima penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM RI.(ISTIMEWA)

Bupati Banggai usai menerima penghargaan yang diberikan Ombudsman RI atas kepatuhan terhadap standart pelayanan publik. (ISTIMEWA)

 

Pada tanggal 2 Agustus lalu, Bupati Banggai menerima langsung penghargaan Adipura dari Presiden RI, Joko Widodo dan penghargaan Satya Lencana Wira Karya serta dinobatkan sebagai salah satu kepala daerah inspirator pembangunan daerah di Indonesia bersama 20 kepala daerah lainnya.

Semoga, dengan penghargaan demi penghargaan tersebut, Kabupaten Banggai semakin terdepan dan maju serta layak ditetapkan sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Timur. (***)

 

Liputan Tim Dinas Infokom dan Humas Setdakab Banggai.