BanggaiKab.go.id-Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM. mengingatkan “Semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar selalu bekerja dengan jujur, transparan serta mengutamakan pelayanan prima dengan tetap mengacu pada aturan yang berlaku”. Bupati juga menjelaskan predikat WTP tidak dengan mudah diperoleh Kabupaten Banggai. Hal tersebut disampaikan Bupati Banggai Dalam sambutanya Mewakili Bupati/Walikota Se Sulawesi Tengah.

Kabupaten Banggai kembali meraih predikat atau opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI). Bupati Banggai menerima langsung piagam penghargaan dari BPK RI perwakilan Sulawesi Tengah, Rabu 31 Mei 2017, di Kota Palu Sulawesi Tengah. Predikat itu diberikan karena Kabupaten Banggai dianggap mampu melakukan pengelolaan administrasi penggunaan anggaran daerah.

Bertempat di aula kantor BPK RI Perwakilan Sulteng di jalan M. Yamin Paku, Rabu (31/05/2017) telah dilakukan pertemuan dalam rangka Penerimaan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan dan administrasi Pembangunan Daerah tahun anggaran 2016 oleh BPK RI.

Dalam kesempatan itu, Kabupaten Banggai kembali ditetapkan sebagai salah satu dari tiga daerah yang mendapatkan predikat WTP. Ini menjadi kebanggaan tersendiri karena merupakan predikat WTP kedua di era pemerintahan Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim MM, dan Wakil Bupati Banggai Drs. Mustar Labolo. Artinya, sudah dua kali pimpinan daerah kita menunjukkan kinerja yang baik dalam pengelolaan anggaran untuk pembangunan daerah.

Tak hanya itu, Bupati juga menegaskan predikat WTP juga tercapai karena adanya sinergitas antara eksekutif dan legislatif di Kabupaten Banggai. Di mana ketua hingga anggota DPRD Banggai selalu mensupport eksekutif sebagai partner kerja dalam prospek pengawasan jalannya roda pembangunan daerah. Terutama sikap cepat bertindak untuk mengingatkan sejumlah OPD yang melalukan kesalahan agar memerbaiki diri dalam menjalankan program pembangunan.

Adapun perolehan opini WTP ini, oleh Pemda Banggai bersama DPRD disebabkan antara lain; Konsistensi pemda dalam melaksanakan aturan-aturan pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah. Adanya respon cepat dari Tim Pemeriksa Internal OPD yang semakin digalakkan masing-masing dalam lingkup perangkat daerah/dinas yg ada.

Jikapun akhirnya ada temuan-temuan dalam pemeriksaan BPK, maka Bupati Herwin secara tegas memerintahkan Bawasda untuk menindaklanjuti dengan upaya pengembalian atas temuan yang mungkin berakibat pada kerugian negara. Pengembalian itu akan disikapi dengan cepat dan diberi deadline minimal 60 hari kerja sejak temuan dinyatakan resmi.

Namun, dengan perolehan predikat WTP kali ini, menandakan bahwa pemerintahan di bawah kendali Bupati dan Wakil Bupati Banggai,telah mampu secara rapi menyusun aset daerah dan menatausahakan hingga mendokumentasikannya, dengan lebih baik, lebih rinci dan bisa dipertanggungjawabkan.

 

Laporan: Diskominfo Banggai