BanggaiKab.go.id – Desa Maleo Jaya, Kecamatan Batui Selatan merupakan salah satu desa yang ada Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai.

Desa ini terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Karya Bakti TNI oleh Kodim 1308 Luwuk Banggai bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke 72, yang jatuh pada hari Kamis (05/10/2017).

Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, Wakil Bupati Banggai, Drs H. Mustar Labolo, Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Samsul Bahri Mang, SE.,SH.,MSi bersama unsur forkompimda, kepala OPD, pemerintahan kecamatan dan desa serta masyarakat desa Maleo Jaya, ikut hadir dalam upacara pembukaan Karya Bakti TNI tahun 2017, yang dilaksanakan di Desa Maleo Jaya, Kecamatan Batui Selatan, Selasa (03/10’2017).

Ir. H. Herwin Yatim, MM selaku bupati Banggai mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 1308 Luwuk Banggai. Apalagi diketahui bersama bahwa jika pelaksanaan pembangunan fisik yang dikerjakan oleh personel TNI pasti tidak akan membutuhkan anggaran besar serta kualitasnya dijamin akan dirasakan oleh masyarakat dalam waktu lama.

“Saya apresiasi kegiatan karya bakti TNI ini. Sebab saya tahu bahwa jika suatu pekerjaan dilaksanakan oleh TNI, pasti tidak membutuhkan anggaran besar dan kualitasnya dijamin akan dirasakan oleh rakyat,” ucapnya.

Selain itu, Bupati Banggai menjelaskan tentang pentingnya penerapan ideologi negara, yang dimana saat ini mulai mundur semangat nasionalisme dan karakter jati diri bangsa Indonesia. Sehingga Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banggai, termasuk masyarakat di Desa Maleo Jaya, bangkit dan menerapkan ideologi bangsa dalam 4 konsensus bangsa yakni UUD 45, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Banggai meminta agar TNI bisa selalu bersama rakyat dan untuk rakyat dengan memiliki jiwa nasionalisme, gagah dan berani demi bangsa Indonesia.

Sebagai bentuk dimulainya pelaksanaan karya bakti TNI di desa tersebut, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM berkesempatan menyematkan tanda peserta dan menyerahkan alat kerja yang secara simbolis serta bantuan sosial lainnya masyarakat setempat.

Adapun kegiatan fisik yang dikerjakan pada karya bakti TNI tersebut, pembangunan dua unit jembatan dan pengerjaan jalan raya dari desa Maleo Jaya menuju komunitas adat terpencil Tombiumbang sepanjang 3 kilometer.

Ada juga kegiatan sosial seperti, donor darah, pengobatan gratis dan pasar murah serta penyerahan santunan kepada sejumlah siswa dan terakhir kegiatan penghijauan penanaman pohon.

 

 

Liputan : Diskominfo