BanggaiKab.go.id, Luwuk – Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM, menandatangani Surat Keputusan Bersama dengan Forkompida, 28 Mei 2020, tentang Peloggaran Kegiatan-kegiatan Ibadah.

Dalam keputusan yang ditandatangani oleh seluruh Forkopimda beserta Ketua Dewan Masjid, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kantor Kemenag, Ketua MUI, Ketua FKUB, Ketua PHBI dan Ketua Forum Imam Kabupaten Banggai itu memuat sebagai berikut :

Memutuskan, Menetapkan Keputusan Bersama Bupati Banggai dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banggai tentang Pelonggaran Kegiatan-kegiatan Ibadah.

Kesatu, Sepakat memberikan pelonggaran beribadah di tempat ibadah.

Kedua, Panduan Rumah Ibadah dan pelaksanaan ibadah-ibadah bagi penganut Agama lainnya tentang pelonggaran kegiatan Ibadah pada Rumah-rumah Ibadah dan tempat Ibadah sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu adalah sebagai berikut :

1. Pelaksanaan Ibadah dapat dilakukan dengan tetap Wajib melaksana Protokoler Kesehatan yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak Ketika Ibadah, Memiliki Alat Deteksi Suhu Badan (thermogun) Cuci Tangan sebelum Masuk Rumah Ibadah serta Membawa Sajadah untuk Alat Ibadah Pribadi.

2. Apabila dikemudian hari terjadi keadaan dimana semakin berkembangnya Covid-19 ditempat tersebut maka dapat dilakukan pencegahan secara tegas dengan bersepakat menutup kembali akses untuk kegiatan-kegiatan Ibadah di Rumah-rumah Ibadah dan tempat Ibadah.

3. Bagi ASN, TNI, dan POLRI untuk menjadi contoh dan teladan ditengah-tengah masyarakat dalam upaya antisipasi, pencegahan dan pengendalian penyebaran Pandemi Covid-19.

4. Mencegah Penyebaran Covid-19 lebih baik daripada Mengobati

Ketiga : Keptusan Bersama ini mulai berlaku pada tanggal ditetapka.

Tim Liputan Bidang Media Diskominfo Banggai