BanggaiKab.go.id- Tuntutan globalisasi dalam wujud Masyarakat Ekonomi Asean yang  bergulir sejak 2015 direspon positif Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Banggai  dengan  menggelar  Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang teknologi informasi dan komunikasi,  Selasa (4/7), di ballroom Hotel Swiss Belinn.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim MM mengimbau kepala-kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)  agar dapat memberdayakan peserta, yang notabene putra daerah, yang lulus sertifikasi kompetensi. “Tiap-tiap  perangkat daerah kalau bisa memprogramkan di Anggaran Belanja Tahunan-nya, jika belum bisa diangkat sebagai pegawai tetap, minimal sebagai tenaga honorer”, tegasnya.

Di hadapan 70 peserta lulusan Sekolah Menengah Kejuruan, D1, D2 dan D3 yang mengikuti kegiatan sertifikasi kompetensi, Bupati akan mengupayakan agar investor di Kabupaten Banggai bisa menyerap  tenaga profesional yang bersertifikasi ini.

Sementara itu kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Makassar Ruslan Harun mengapresiasi upaya  Kepala Dinas Kominfo Banggai Drs. N. Patolemba M.Si dalam meyakinkan Bupati Banggai atas terselenggaranya kegiatan yang akan berlangsung hingga Jumat (7/7). Ruslan berharap agar Pemkab Banggai lebih sering mengadakan kegiatan serupa, mengingat sertifikasi ini masih dalam level junior sehingga perlu di upgrade.

Saat membuka materi pertama tentang pengenalan SKKNI,  Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)  Telematika Jakarta VIctor Terinathe  berharap selepas kegiatan ini peserta tidak hanya sanggup mencari pekerjaan tapi juga mampu  mencipta lapangan kerja. Mengingat di kota-kota besar, banyak perusahaan start-up (rintisan) berbasis jaringan internet dikelola oleh angkatan muda. Hal ini senada dengan tujuan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia khususnya angkatan muda dalam dunia industri bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh kepala-kepala SOPD Kabupaten Banggai, pihak Telkom Luwuk, serta tim asessor LSP Telematika ini dirangkaikan dengan  peluncuran aplikasi LAPORBANGGAIKAB dengan alamat website lapor.banggaikab.go.id  oleh Diskominfo Kabupaten Banggai. Aplikasi berbasis internet dan layanan pesan singkat (sms) ini akan mengolah laporan dari masyarakat terkait kondisi pelayanan publik serta program kerja yang dicanangkan Pemkab Banggai.

 

  

Liputan: diskominfo