Catatan Perjalanan ke Argentina (Bagian 5)

 

Oleh: Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM

 

SETELAH sukses membawa batik Nambo ke Amerika, kini saya berkesempatan memperkenalkan produk budaya daerah kita kepada warga Argentina. Hal ini terjadi saat saya dan peserta dari Indonesia berkunjung ke kantor kedutaan RI di Buenos Aires. Sebuah kesyukuran bagi kami, karena Duta besar RI untuk tiga negara: Argentina, Uruguay, dan Paraguay, bapak Jonny Sinaga bisa menerima langsung kedatangan kami. Selain saya, ikut pula Prof. Abdul Razak Thaha, dan beberapa dosen dari Unair dan Jakarta.

Yang pertama saya perkenalkan adalah batik tenunan Nambo. Telah menjadi kebiasaan saya untuk selalu membawa kemana-mana batik tenun Nambo. Kemarin, saat di forum kongres saya mengenakan kemeja tenun Nambo berwarna merah, dan saat bertemu duta besar saya memakai warna biru. Kepada duta besar saya sampaikan bahwa tenunan ini dibuat dengan mesin tradisional, oleh ibu-ibu, di sebuah kelurahan, dan dalam sebuah usaha skala rumah tangga. Setelah mendengar penuturan saya, sang duta besar terkagum-kagum. Beliau tak menyangka, ada daerah yang selama ini tak pernah dia dengar, bisa mnghasilkan karya yang bernilai seni tinggi.

Berikutnya, saya memperkenalkan pula lagu-lagu Saluan Balantak karya Subrata Kalape melalui kepingan VCD. Sambil menyerahkan saya menceritakan kondisi daerah Banggai, asal usul, suku-suku yang mendiaminya serta keragaman bahasa yang ada. Mendengarkan cerita saya pak Jonny bertambah kagum. Tak menyangka, ada orang dari daerah yang begitu gigih memperkenalkan produk kebudayaan khas daerah sampai ke negara jauh seperti Argentina ini. Ini seharusnya menjadi tugas seorang duta besar katanya. Karena itu, beliau senang sekali menerima kami yang datang sekaligus membawa misi budaya.

Pak Jonny sudah bertugas selama 3 tahun di sini. Beliau telah berbuat banyak dalam memperkenalkan Indonesia kepada 3 negara yang menjadi wilayah kerjanya. Saat menerima bingkisan berupa plakat lambang daerah dan juga VCD lagu daerah itu, beliau berjanji akan memutarkan lagu-lagu ke beberapa stasiun radio di Argentina, Uruguay, dan Paraguay. Ini adalah komitmen yang luar biasa dari seorang duta besar untuk memperkenalkan Kabupaten Banggai. Alhamdulillah, disaat berpisah, saya mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada pak Jonny. Saya merasa seperti baru  mendapatkan karunia luar biasa yang datang tidak terduga-duga. (***)