BanggaiKab.go.id- Masyarakat Kelurahan Tolando Kecamatan Batui telah lama mendambakan masjid baru sebagai ganti Masjid Attaqwa yang dinilai sudah tidak memadai dalam menampung jemaah, serta tidak memungkinkan lagi untuk diperluas karena posisinya terletak di antara rumah warga.

Setelah melalui sejumlah proses, pada hari Kamis (7/9), keinginan itu menemui titik terang dengan dilakukan peletakan batu pertama oleh Bupati Banggai Ir. H Herwin Yatim MM, sekaligus menandai dipindahnya Masjid lama Attaqwa ke lokasi baru yang hanya terpisah oleh seruas jalan.

Masjid yang di bangun atas swadaya masyarakat, donasi dari pihak swasta dan pemerintah itu berdiri di atas lahan seluas 20×20 mmilik pemerintah daerah. Hal inilah yang menjadi kendala pemindahan Masjid Attaqwa. Bupati mengakui, penyelesaian proses tukar guling lahan aset pemda memerlukan payung hukum yang jelas hingga dapat dipergunakan oleh masyarakat, seperti pembangunan rumah ibadah ini. Dan proses itu telah terpenuhi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Jika ini untuk kemaslahatan umat, kemaslahatan agama kita, maka bismillah,” ujar Bupati saat berbicara di hadapan perangkat daerah, tokoh adat, tokoh agama dan segenap masyarakat Tolando.

Atas usaha itu, Badan Pengawas Panitia Masjid Attaqwa sekaligus perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tolando menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah. Usulan pemindahan lokasi masjid sudah diajukan sejak 2014, namun saat itu tidak disetujui.

“Alhamdulillah pada tanggal 13 Juli 2017, dengan rahmat dan hidayah Allah Swt serta kemurahan hati islamiyah bapak Bupati Herwin Yatim, akhirnya menyetujui usulan kami,” ujarnya saat membacakan laporan panitia pembangunan masjid dan disambut aplaus para hadirin. Masjid lama Attaqwa kelak akan dijadikan tempat pembelajaran Alquran dan pengkajian bagi majelis taklim jemaah setempat.

Di hari yang sama, Bupati Banggai beserta jajaran Forkopimda juga menghadiri penyuluhan narkoba siswa-siswi SMP dan SMA se-Kecamatan Batui yang dihelat di halaman sekolah SMAN 1 Batui.

  

Liputan: diskominfo