Luwuk, BanggaiKab.go.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, akhirnya tiba di Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai, Rabu (12/12/2018).

Bupati Banggai, H. Herwin Yatim bersama Wakil Bupati Banggai, H. Mustar Labolo dan unsur forkopimda serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah daerah kabupaten Banggai menyambut sang menteri di Bandara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk.

Kedatangan orang nomor satu di Kementerain Dalam Negeri Republik Indonesia di Luwuk, tidak lain dalam rangka menghadiri Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 yang akan dipusatkan di Pelabuhan Tangkiang, Desa Kalolos, Kecamatan Kintom, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (13/12/2018) besok.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001 tanggal 11 Desember 2001 tentang Hari Nusantara, ditetapkan setiap tanggal 13 Desember sebagai Hari Nusantara, yang wajib diperingati setiap tahunnya.

Dan tahun ini, Kabupaten Banggai dipercayakan pemerintah pusat sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara yang bertemakan “perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh melalui Deklarasi Juanda.

Bupati Banggai, H. Herwin Yatim, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah mempercayakan kabupaten paling timur dari provinsi Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah kegiatan nasional.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami semoga kami bisa memberikan yang terbaik,” ucap Bupati Banggai, H. Herwin Yatim.

Direncanakan pada Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 ini, yang akan memimpin dan membuka langsung kegiatan tersebut adalah Mendagri Tjahjo Kumolo, mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dirangkai dengan Pembacaan Naskah Deklarasi Djuanda oleh 3 orang pelajar Kabupaten Banggai dan Deklarasi “Sulteng Bangkit dan Kuat”.

Dalam kesempatan sama ada pula pemberian penghargaan Dharma Pertahanan dari Menteri Pertahanan serta penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Pemerintahan  kepada Bupati Banggai, Bupati Pangkejene Kepulauan, Bupati Lembata dan Bupati Wakatobi serta Satyalancana Wira Nusa dan Satyalancana Wira Dharma.

Adapula penyerahan Kartu Petani Sejahtera, Kartu Nelayan Sejahtera serta penyerahan simbolis bantuan sarana dan prasarana kantor desa kepada pemerintah provinsi Sulteng, kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong.

 

Acara terakhir ditutup dengan persembahan atraksi budaya atau Parade Hari Nusantara parade kapal nelayan dan sailing pass perahu layar. (***)

 

Liputan Tim Diskominfo Banggai