BanggaiKab.go.id – Setelah mendapat dukungan dari Dinas Perdagangan Kabupaten Banggai, akhir pengusaha kecil dan menengah NL Bonua Tenun dan Batik Nambo, Nani Lalusu membuka usaha kearifan lokal itu di Desa Koyoan, Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai, Jumat (05/01/2018).

Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, berkenan meresmikan usaha tersebut, yang disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Samsul Bahri Mang, SE.,SH.,MH dan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Sri Indraningsih Lalusu dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah daerah kabupaten Banggai.

Dalam kesempatan itu, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM mengucapkan terima kasih kepada pengusaha lokal kabupaten Banggai, yang juga seorang desainer karena mau mengembangkan usaha lokal masyarakat Kecamatan Nambo.

Dengan dibukanya usaha tenun dan batik Nambo di desa Koyoan, Kecamatan Nambo, secara otomatis akan memberikan lapangan kerja dan kesempatan kerja bagi warga setempat. “Saya berharap, dengan dibukanya usaha ini, ada kader-kader muda yang bisa menenun sebagaimana yang kita harapkan,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Samsul Bahri Mang, SE.,SH.,MH. Menurut Obama, sapaannya, sebagai pimpinan wakil rakyat di Teluk Lalong Luwuk, dia pada prinsipnya mendukung program pemerintah daerah Kabupaten Banggai. Termasuk pengembangan usaha kecil dan menengah yang bersifat kearifan lokal, seperti tenun dan batik Nambo.  “DPRD pada prinsipnya setuju dan siap mendukung melalui alokasi dana APBD Kabupaten Banggai,” janji sang ketua dewan.

Demikian pula disampaikan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Sri Indraningsih Lalusu. Wanita super ini menyatakan dukungannya terhadap program pemerintah Kabupaten Banggai dalam pengembangan kearifan lokal. “Sebagai anak daerah kabupaten Banggai di DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, saya bersedia mendampingi dan menyiap program pengembangan tenun dan batik Nambo melalui dana APBD provinsi Sulawesi Tengah dan pribadi saya,” ucapnya.

Usai memberikan sambutan, ketiganya langsung melakukan peninjauan proses pembuatan tenun Nambo yang didampingi pemilik usaha, Nani Lalusu. (***)

 

 

LIPUTAN : DISKOMINFO