Jakarta,BanggaiKab.go.id – Tidak ada yang menyangka jika penghujung tahun 2018 ini, nama Kabupaten Banggai kembali melejit pada tingkat nasional.

Penghargaan demi penghargaan terus diterima oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai dibawah pimpinan Bupati H. Herwin Yatim dan Wakil Bupati H. Mustar Labolo.

Buktinya, Ombudsman Republik Indonesia menganugerahkan Kabupaten Banggai sebagai kabupaten yang memiliki kepatuhan dalam melaksanakan standar pelayanan publik kepada masyarakatnya. Dari sepuluh kabupaten yang diberikan anugerah, Kabupaten Banggai masuk urutan ke 4.

Penyerahan anugerah diserahkan langsung oleh Ketua Ombusman RI, Amzulian Rifai kepada Bupati Banggai, H. Herwin Yatim di Auditorium TVRI Jakarta Pusat, Senin (12/10/2018).

Dengan menerima penghargaan tersebut, lagi-lagi Kabupaten Banggai mengharumkan nama baik provinsi Sulawesi Tengah. Mengapa tidak, karena Kabupaten Banggai adalah satu-satunya kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, bahkan di pulau Sulawesi yang mendapat penghargaan tersebut.

Adapun kesepuluh kabupaten yang menerima anugerah Kepatuhan Standar Pelayanan Publik antara lain, Kabupaten Aceh Barat di Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Barat Daya di Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Besar di Provinsi Aceh, Kabupaten Banggai di Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Bangli di Provinsi Bali, Kabupaten Banjar di Kalimantan Selatan, Kabupaten Bantul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Banyumas di Provinsi Jawa Tengah dan Kabuapten Batang, di Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai dalam sambutannya mengatakan, sejak tahun 2003, organisasi ini dibentuk guna untuk melakukan penilaian dan pemeriksaan terhadap pelayanan publik dengan tujuan untuk mengingatkan kepada pemerintah untuk selalu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, karena pemerintah merupakan pelayan masyarakat, sehingga wajib memberikan pelayanan publik.

“Ombudsman adalah badan yang dibentuk pemerintah untuk menerima keluhan dari masyarakat, lebih khusus tentang hal-hal yang tidak berjalan sebagaimana mestinya,” kata Bupati Banggai, Herwin Yatim.

Menurut Bupati Herwin, dari 63 kabupaten/kota yang meraih predikat kepatuhan, Kabupaten Banggai masuk pada peringkat ke 4 dengan nilai 99,14 atau Predikat Kepatuhan Tinggi yang secara otomatis masuk pada kategori zona hijau terhadap standar pelayanan publik itu sendiri, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2019 tentang Pelayanan Publik. Dan kabupaten yang mendapatkan nilai tertinggi pada Anugerah Predikat Kepatuhan Tinggi tahun 2018 diraih Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, dengan nilai 99,96.

Dengan meraih peringkat ke-4, bupati inovatif ini berharap kepada seluruh jajaran pemerintahan di Kabupaten Banggai agar terus meningkatkan dan selalu berinovasi dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Semoga pada tahun-tahun mendatang, Kabupaten Banggai bisa menjadi yang terbaik di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” harapnya. (***)

 

Liputan Tim Diskominfo Banggai