BanggaiKab.go.id, Luwuk-  11/03/2020. Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Tugas pokok TNI tersebut dilakukan dengan melalui Operasi militer untuk perang dan Operasi militer selain perang. Dalam kegiatan Operasi militer selain perang, terdapat 14 poin yang dapat dilakukan TNI, diantaranya membantu tugas pemetintah di daerah. Sejalan dengan hal itu, Satuan Komando Kewilayahan Kodim 1308/LB akan melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) yang ke 107 tahun 2020 di wilayah Kabupaten Banggai tepatnya di Desa Samlore Kecamatan Toili dan Desa Argakencana Kecamatan Moilong.

Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos., M.Tr.Han., M.I.Pol., saat ditemui awak media mengatakan bahwa dalam rangka membantu tugas pemerintah di daerah melalui program TMMD ini adalah untuk membantu pelaksanaan fungsi pemerintah dalam kondisi dan situasi yang memerlukan sarana, alat dan kemampuan TNI untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi antara lain membantu mengatasi akibat bencana alam, merehabilitasi infrastruktur, serta mengatasi masalahah akibat pemogokan dan konflik komunal.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Lanjutnya, sehubungan dilaksanakannya TMMD ke-107 di Kabupaten Banggai ini, pada senin 16/03/2020 akan digelar Upacara Pembukaan TMMD di Desa Samalore Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. Tujuan dilaksanakannya TMMD ini bertujuan membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun sasaran non fisik dan untuk memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka mengiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh.

Untuk kegiatan fisik TMMD ini yakni membantu program pemerintah dalam membangun dan meningkatkan infrastruktur di daerah yang diantaranya meliputi peningkatan jalan Desa Argakencana sepanjang 1.990 meter, peningkatan jalan Desa Samalore sepanjang 1.304 meter dan Pembuatan plat duiker Desa Samalore 1 (satu) unit.

Untuk kegiatan non fisik yakni melaksanakan berbagai kegiatan untuk membantu dan memotivasi masyarakat agar ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan berupa penyuluhan dan sosialisasi berupa kegiatan Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Pengobatan ternak dan Inseminasi buatan, Penyuluhan dan Peningkatan Kewaspadaan Masyarakat terhadap Bencana, Penyuluhan serta Pemutaran Film KB, Penyuluhan Pekat ( Miras dan Narkoba), Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Fasilitasi dan Pemberdayaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, dan Pelatihan Perkoperasian serta Pelayanan Keluarga Betencana ( KB ).

“Harap Dandim, dengan dilaksanakannya kegiatan TMMD ke-107 ini, kepada seluruh ASN Pemda Kabupaten Banggai bersama Mahasiswa, Ormas dan Komponen Masyarakat di Kabupaten Banggai untuk bersama sama mendukung dan menyukseskan kegiatan TMMD, dalam rangka memupuk semangat gotong-royong untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, guna mewujudkan kebersamaan, memupuk rasa kekeluargaan antara TNI dan Rakyat, serta dapat mempererat dan memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat”, Tutup Letkol Inf Fanny Pantouw.