BanggaiKab.go.id – Musim tanam Oktober – Maret (Okmar) membuat petani padi sawah di Kecamatan Simpang Raya harus segera melakukan pemanenan terhadap tanamannya. Awal tahun 2018, ada kurang lebih 4 kelompok tani di Desa Rantau Jaya melakukan panen dengan jenis Mekongga.

Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM bersama Wakil Bupati Banggai, Dandim 1308 Luwuk Banggai, Letkol Nurman Syahreda, SE, Kapolres Banggai, AKBP Heru Pramukarno, SIK dan Kepala Kejaksaan Negeri Banggai, Ramdhanu, SH.,MH beserta dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Banggai dan sejumlah OPD dan Ketua PMI Kabupaten Banggai, Drs. Fuad Muid, berkenan melakukan panen raya di desa tersebut.

Panen dilakukan di kelompok tani Margo Mulyo, dengan hasil ubinan mencapai 4,5 gbk.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada masyarakat petani di kecamatan Simpang Raya yang masih konsisten melakukan penanaman padi sawah di kecamatan tersebut. Dia berharap, dengan IP 300, petani sawah di Kecamatan Simpang Raya, khususnya yang ada di Desa Rantau Jaya bisa sejahtera.

“Terkait pupuk bersubsidi, pemerintah daerah kabupaten Banggai telah berupaya untuk menanggulanginya. Dengan harapan lagi, pada musim taman April-September, petani bisa memiliki pupuk tersebut sebagaimana yang diharapkan,” jelas Bupati Banggai.

Usai melakukan penanaman padi sawah hasil pendampingan babinsa TNI-AD Kodim 1308 Luwuk Banggai melalui kegiatan Upaya Khusus Padi Jagung dan kedelai (Upsus Pajala), bupati Banggai bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju kecamatan Pagimana, tepatnya di Desa Nain.

Ada ratusan warga asli Suku Saluan memadati lapangan desa tersebut. Kedatangan masyarakat Tumpu Nu Lipu di sana, tidak lain ingin menyaksikan peresmian pengunaan jaringan listrik dengan istilah desa berlistrik.

Masyarakat di lima desa masing-masing, Nain, Ampera, Asaan, Bulu dan desa Dongkalan sudah bisa menikmati penerangan lampu melalui aliran listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kepala desa, ketua BPD dan masyarakat di lima desa itu menyatakan rasa bersyukur seraya mengucapkan terima kasih kepada bupati Banggai bersam semua pihak yang sudah membantu terbangunnya jaringan listrik di desa mereka.

Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM dan Wakil Bupati Banggai, Drs, Mustar Labolo dalam sambutan mengucapkan selamat kepada warga masyarakat asli Saluan, yang sudah bisa menikmati listrik di rumah masing-masing. Mereka berdua berharap, jaringan listrik yang sudah ada dapat dipelihara. Sebab kata bupati dan wakil bupati, masih ada desa lain yang belum bisa menikmati listrik.

“Bersyukurlah bapak ibu yang sudah bisa menikmati aliran listrik di rumah masing-masing. Masih ada desa di kecamatan lain, belum menikmati aliran listrik,” kata keduanya.

Setelah memberikan sambutan, bupati Banggai melakukan pemukulan gong yang disaksikan oleh wakil bupati dan unsur forkopimda serta masyarakat lainnya dan langsung melakukan uji coba pengunaan listrik di bagunan Gereja Efrata Desa Nain, Kecamatan Pagimana. (***)

LIPUTAN : DISKOMINFO