BanggaiKab.go.id, Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar rapat pembentukan media center dalam persiapan penyelenggaraan event besar internasional Tdcc (Tour de central celebes) yang nanti akan dilaksanakan dibulan oktober mendatang, kali pertama rapat persiapan media center ditempatkan di ruang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, jumat (14/09/2018) tadi sore

Melalui rapat tersebut, Kadis Kominfo Drs. Djayadin mengatakan, berdasarkan surat tugas dari Bupati Banggai ada 34 personil anggota akan dikerahkan, yang diberi tugas meliput dan mengirim berita tentang perkembangan dalam pelaksanaan event Tdcc nanti, ujarnya, yang terdiri dari media cetak, media elektronik dan online

“Ada beberapa titik (spot) yang nanti akan ditempatkan oleh awak media dan telah disepakati bersama yakni, tempat start awal, bandara untuk penyambutan tamu, sekretariat dan terkahir adalah finish,”ungkap Djayadin, start awal dilakukan di areal RTH (Ruang Terbuka Hijau) dan finish di Kecamata Bunta.

Paiman Karto selaku panitia lokal menjelaskan tentang tekhnis pelaksanaan Tdcc nanti, Kabupaten Banggai adalah kota yang dipilih untuk dijadikan start awal atau etape pertama, pungkasnya, dan untuk etape kedua di kota Ampana-Poso, disusul Poso-Parigi, Parigi-Sigi, Sigi-Donggala.

Event Tdcc (Tour de central celebes) ini  sebuah event yang sangat besar dan dipastikan akan disaksikan oleh Gubernur Sul-Teng Longki Djanggola dan juga Kementrian Pariwisata, tambahnya.

Tampak Kepala Dinas Kominfo mengevaluasi schedulle penyelenggaraan Tdcc yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 14 oktober 2018 mendatang. [Foto, istimewa]
Hadir bersama Kadis Kominfo, Kepala Dinas Pariwisata, awak media Banggai raya, Kaili post, Luwuk post, Banggai news, Trans Sulawesi, Telkom, Kabid pemasaran PPTK (Pejabat Pengelola Tekhnis Kegiatan) , Kabid hubungan media dan informasi public, Bankom Rapi, Humas protokol dan dokumentasi Kabupaten Banggai dan staff Kominfo

Adapun persiapan teknis untuk fasilitas kelengkapan media center yakni WiFi dengan bandwith yang besar dengan point to point, Cctv untuk monitoring, proyektor TV, radio HT, Tenda, computer, printer Dll. Pembagian tugas dan poksi media center akan dikerahkan sesuai dengan id card yang dibagi dan akan diakomodir.

Sementara itu, sebelum dilakukan perlombaan untuk pebalap sepeda, para raders dipastikan akan melakukan konvoy keliling kota luwuk secara bersamaan.

Untuk dukungan komunikasi menurut Orari Luwuk ada 18 posko yang akan digunakan untuk mengkonfirmasi situasi yang berada dilapangan dan memakai radio pancar ulang guna emergency race, dan ditambahkan dengan posko kesehatan, Sesuai jadwal, Gubernur Sulteng dipastikan akan membuka acara Tdcc yang disambungkan langsung dengan HFM (High Frekwensi Mobile).