BanggaiKab.go.id- Keseriusan pemerintah daerah dalam menjaga serta mengembangkan tradisi dan budaya lokal di Kabupaten Banggai  mendapat dukungan penuh dari lembaga legislatif daerah.

Saat menghadiri Halal Bihalal di Kecamatan Balantak, Senin (24/7), Ketua DPRD Kabupaten Banggai H. Samsul Bahri Mang menyampaikan bahwa penganggaran untuk perbaikan akses jalan menuju Kecamatan Balantak dimaksudkan agar wisatawan dapat dengan nyaman berkunjung dan melihat langsung ritual adat yang ada di Kecamatan Balantak.

Olehnya itu, Ketua DPRD Banggai ini berharap agar ritual-ritual adat yang sudah lama tidak dipraktekkan supaya dihidupkan kembali. “Saya meminta kepada tokoh-tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, mari kita satukan pendapat untuk menghidupkan kembali ini. Sudah 40 atau 50 tahun lalu tidak dilaksanakan lagi,” ujar Ketua DPRD Banggai.

Hal senada juga disampaikan Bupati Banggai Ir. H Herwin Yatim MM. Kegiatan-kegiatan yang didukung pemerintah daerah demi melestarikan tradisi lokal masyarakat Banggai, diantaranya Festival Sastra Banggai yang digelar pada April lalu. Kegiatan yang dipersiapkan sejak tahun lalu ini pendanaannya disokong oleh pemerintah daerah melalui APBD serta bantuan dari pihak swasta. Diluncurkannya Kamus Bahasa Saluan dan Balantak yang dapat diakses melalui perangkat selular adalah upaya lain yang sejalan dengan arah pembangunan daerah yang berbasis pada kearifan lokal.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mengangkat budaya lokal yang dahulu dibanggakan oleh orang-orang tua kita,. Dengan begitu arwah leluhur akan bahagia jika kita sebagai pelanjut tradisi mampu menghidupkan kembali apa yang telah mereka lakukan, yang dahulu mereka banggakan,” kata Bupati Banggai. Tak dipungkiri, hal ini menjadi media promosi bagi pengembangan pariwisata yang diharapkan dapat berbanding lurus dengan pertumbuhan  ekonomi masyarakat setempat.

Saat ini Pemerintah Daerah tengah menggenjot infrastruktur di Pulau Dua dan Benteng Konio—benteng  peninggalan tentara Jepang, yang menjadi prioritas destinasi wisata yang terdapat di Kecamatan Balantak, selain Pulau Tinalapu di Kecamatan Pagimana.

 

Liputan: diskominfo