BanggaiKab.go.id – Pemerintah daerah kabupaten Banggai bersama Kepolisian Resort Banggai bersinergi membantu warga suku terasing di dusun Mumpe, Desa Doda Bunta, Kecamatan Simpang Raya.

Jumat (20/10/2017), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, DR.dr. Anang Otoluwa, MPPM dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk, dr. NHD Gunawan, M.Kes bersama Kepala Kepolisian Resort Banggai, AKBP Heru Pramukarno, SIK dan seluruh jajaran masing-masing melakukan perjalanan dari Luwuk menuju dusun Mumpe, Desa Doda Bunta, Kecamatan Simpang Raya. Sebelum menuju ke daerah terpencil dengan berjalan kaki sepanjang 5 kilometer pada keesokan harinya, Sabtu (21/10/2017), rombongan beristirahat di Kecamatan Bunta.

Sekira jam 07.00 Wita, digelar apel bersama yang bertindak sebagai inspektur adalah Kapolres Banggai, AKBP Heru Pramukarno, SIK. Selang 30 menit kemudian, kurang lebih 50 personel tim bakti sosial dari pemda dan polisi menuju lokasi kegiatan. Lewat sungai, semak belukar, hutan dan jalan berbecek sepenjang 5 kilometer, rombongan pun tiba dengan selamat dan bertemu warga suku terasing. Pertemuan yang begitu akrab antara pemerintah daerah, aparat keamanan dan masyarakat terjalin. Tidak ada pemisah satu diantara lainnya. Semuanya membaur dan bersinergi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, DR.dr. Anang Otoluwa, MPPM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian resort Banggai yang mau bersama-sama turun lapangan membantu meringankan beban masyarakat di daerah terasing seperti ini. Dan sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah dalam bidang kesehatan, di dusun itu telah dibangun satu buah pos kesehatan desa (poskesdes) dan menempatkan satu orang petugas di sana. Namun karena jarak tempuh dari dan ke sana yang begitu jauh, maka fasilitas yang ada masih sangat minim. Sehingga kedepan dia berusaha untuk menyiapkan fasilitas obat-obatan lainnya.

Demikian hal yang dikatakan, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk, dr. NHD Gunawan, M.Kes. Dia berharap agar warga masyarakat di dusun Mumpe tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan saat akan menjalani perawatan di puskesmas dan di rumah sakit. Sebab pemerintah daerah dibawa kepemimpinan bupati Ir. H. Herwin Yatim, MM dan wakil bupati Drs. H. Mustar Labolo, sudah menyiapkan anggarannya. Artinya, biaya pengobatan gratis bagi warga kurang mampu. Sehingga dia mengajak agar tidak perlu ragu dan takut untuk berobat lanjut ke rumah sakit umum Luwuk.

Demikian hal yang dikatakan Kapolres Banggai, AKBP Heru Pramukarno, SIK. Bagi kapolres, pelayanan prima kepada masyarakat adalah utama baginya dan hal itu sudah berulang kali disampaikannya kepada seluruh personel polres Banggai, untuk tidak menyakiti hati rakyat.

Semua yang telah diberikan oleh pemerintah daerah kabupaten Banggai bersama pihak kepolisian resort Banggai diucapkan terima kasih oleh Kepala Desa Doda Bunta, Kecamatan Simpang Raya, Yuni Sintung.

Sang kepala desa ini berharap perhatian ini tidak hanya sampai di sini saja, sebab masyarakat suku terasing sangat membutuhkan perhatian dan bantuan dari semua pihak, seperti saat ini yang dilakukan.

 

 

Liputan : DISKOMINFO