BanggaiKab.go.id- Upaya itu mendapati momennya pada acara pembukaan dan  peresmian Kantor Bank Sulteng Cabang Pembantu Toili, Jumat (8/9), di Kelurahan Tirta Kencana, Kecamatan Toili.

Dalam kesempatan itu, Bupati Banggai Ir H Herwin Yatim MM menyampaikan harapannya kepada pihak perbankan agar memperluas fasilitas dan layanan baik melalui pembukaan Kantor Cabang Pembantu di wilayah yang selama ini belum dijangkau, penyuluhan tentang kesadaran menabung, maupun penyediaan fasilitas Anjungan Tunai Mandiri.

Mengingat beberapa wilayah di Kabupaten Banggai belum sepenuhnya merasakan layanan perbankan yang maksimal.

Bupati mencontohkan, “Di Kecamatan Kintom misalnya, dua tahun belakangan ini, warga meminta agar disediakan ATM karena mereka harus ke Nambo atau ke Luwuk untuk menarik uang,” ujar Bupati Banggai. Kendala-kendala demikian juga diharapkan bisa segera teratasi di wilayah “kepala burung” (Kecamatan Balantak, Bualemo dan sekitarnya).

Menurut Bupati, pembukaan KCP di Toili dinilai tepat, selain populasi penduduk Toili dan kecamatan di sekitarnya  yang tergolong besar, perkembangan ekonomi di sektor riil terutama pertanian dan perdagangan di Toili juga pesat.

Hal ini diamini oleh Komisaris Utama Bank Sulteng Abdul Karim Hanggi saat memberi sambutan pada acara peresmian itu.

Abdul Karim mengatakan bahwa peredaran uang di Toili cukup signifikan. “Ini harus difasilitasi. Yang menabung kita terima, yang butuh kredit kita layani, terutama usaha kecil menengah”, ungkapnya.

Bupati juga mengingatkan pesan dari Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola yang disampaikan pada Rapat Umum Pemegang Saham PT Bank Sulteng, agar kepala-kepala daerah secara bersama-sama membangun bank kebanggaan daerah Sulawesi Tengah ini.

Sebelum diresmikan, KCP Toili yang merupakan KCP ke-5 bank milik pemerintah daerah ini telah beroperasi dan sukses menampung dana tabungan sebesar  2,4 Miliar dari 46 nasabah.

Setelah membuka secara resmi, Bupati, Wakil Bupati beserta rombongan diajak melihat langsung kondisi ruang kantor oleh Direktur Utama Bank Sulteng, Rahmat Abdul Haris, dan Kepala KCP Toili Jusrani Asnawi.

Liputan: diskominfo