Luwuk, BanggaiKab.go.id – Tiga pekan sudah berlalu, peristiwa bencana alam yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala (PASIGALA), Jumat (28/9/2018) lalu, telah memporak-porandakan sebagian bangunan rumah, kantor dan fasilitas umum lain yang ada di tiga wilayah tersebut.

Tidak hanya itu, warga di sana juga mengalami duka yang mendalam, sebab ditinggalkan suami, istri, anak dan orang tua serta sanak saudara yang menjadi korban gempa bumi, tsunami dan likuifaksi.

Duka mendalam yang dirasakan oleh warga Palu, Sigi dan Donggala, juga dirasakan oleh masyarakat kabupaten Banggai bersama pemerintah daerah setempat.

Mengapa tidak, selain dari sisi kemanusiaan, di Palu, Sigi dan Donggala, ada warga masyarakat Kabupaten Banggai yang menetap dan hidup bergandengan tangan serta membaur dengan warga di sana. Sehingga sangat wajar jika masyarakat dan pemerintah daerah kabupaten Banggai dibawah kepemimpinan Bupati, Ir. H. Herwin Yatim, MM dan Wakil Bupati, Drs. H. Mustar Labolo, peduli.

Bentuk kepedulian warga kabupaten Banggai dan pemkab Banggai terhadap korban bencana alam di PASIGALA, sehari setelah kejadian bahkan hingga saat ini, masih mengirimkan relawan dan bantuan bahan pokok yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, Pemkab Banggai juga telah mengalokasikan anggaran bencana alam sebesar Rp1,5 miliar untuk membantu pemerintah provinsi Sulawesi Tengah, pemerintah kota Palu dan kabupaten Sigi serta kabupaten Donggala.

“Atas nama pemerintah daerah kabupaten Banggai menyatakan turut berduka cita yang mendalam atas terjadinya peristiwa gempa bumi di Kota Palu, Sigi dan Donggala, yang telah merenggut ribuan jiwa manusia. Sebagai bentuk belasungkawa atas peristiwa tersebut, pemkab Banggai mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk penangganan pasca bencana di tiga daerah tersebut,” ucap Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM.

Direncanakan bantuan tersebut, akan diserahkan langsung oleh Bupati Banggai kepada Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola di Palu.

Sementara Wakil Bupati Banggai, Drs. Mustar Labolo menjelaskan, dana yang berasal dari APBD Kabupaten Banggai tahun 2018 itu akan dibagi menjadi empat bagian, yakni pertama untuk Pemprov Sulteng sebesar Rp750 Juta. Sedangkan untuk untuk Pemkot Palu, Pemkab Sigi dan Pemkab Donggala, masing-masing akan diberikan sebesar Rp250 Juta.

Dengan dialokasikan dana pasca bencana tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Banggai berharap, hal ini bisa membantu meringankan beban yang diderita korban bencana alam di sana. (***)

 

Peliput : Tim Diskominfo Banggai