BanggaiKab.go.id, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim MM, yang didampingi Wakil Bupati Banggai Drs. Mustar Labolo mengantar langsung bantuan pemerintah dan untuk rakyat Kabupaten Banggai senilai Rp1,5 miliar untuk pembangunan Kota Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), Senin (22/10/2018)

Menurut Bupati Banggai, agenda ini telah dijadwalkan kemarin, kami berangkat ke palu menggunakan Bis ini, setibanya disana, kami (PemKab Banggai) akan langsung bertemu dengan para Pemimpin Daerah dan langsung mengantarkan bantuan. Dan sumbangan tersebut berasal dari hasil pemotongan Tunjangan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), semata-mata di prioritaskan untuk pembangunan di kota palu yang terkena dampak gempa seperti tsunami dan likuifaksi.

Alokasi anggaran sebesar Rp1,5 miliar dikatakan akan terbagi empat, yakni; Rp750 juta ke pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Rp250 juta ke pemerintah Kota Palu, Rp250 juta ke pemerintah Kabupaten Sigi dan Rp250 juta ke pemerintah Kabupaten Donggala.

“Iya, kami berangkat bersama pak bupati naik bis pemda. Tapi ada rombongan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) juga yang ikut,” ungkap Wabup Mustar Labolo.

Sebelumnya, Wabup Mustar Labolo juga mengatakan bahwa selain uang senilai Rp1,5 miliar, pemerintah juga akan memberikan uang tunai sebesar Rp250 juta ke warga terdampak bencana alam. Namun, tidak seluruhnya diberikan dalam bentuk uang tunai. Sebab, sebagian akan dibelanjakan sembako seperti ikan asin.

Persiapan keberangkatan Bupati Banggai, Wakil Bupati Banggai dan rombongan lainnya , untuk mengantarkan bantuan langsung ke Kota Palu, Sigi dan Donggala, diperkirakan mobil rombongan berjumlah 20 unit yang ikut bersama. [Foto, istimewa]

“Nanti kita belikan ikan garam itu sebesar Rp40 juta. Biar ada hasil olahan ikan masyarakat kabupaten Banggai juga yang disumbangkan,” terangnya.

Rombongan bupati Banggai yang berangkat melalui jalur darat dengan bis pemda, bertolak dari rumah jabatan sekira pukul 13.25 Wita dan diperkirakan akan tiba di Kota Palu, Selasa (23/10) siang. Dan sejumlah mobil rombongan lainnya secara bersama mengikuti di belakang.

Sementara itu, Bupati Banggai bersama rombongan, sekira pukul 18.00 wita,  singgah dimasjid untuk shalat maghrib dan menyempatkan buka puasa bersama di rumah makan di perkampungan Desa Sabo, Kabupaten Touna (Tojo una-una), dan langsung melanjutkan perjalanan.

  

 

Liputan : Diskominfo