BanggaiKab.go.id, Setelah tenunan batik Nambo GO internasional pada New york Fashion week di tahun kemarin, kali keduanya daerah Kabupaten Banggai diperkenalkan kembali di negara Jiran, dan tak hentinya Pemkab Banggai apresiasi prestasi komunitas seni Rompong, sanggar yang menghimpun anak-anak muda berbakat dan mencintai pelestarian tarian adat daerah di Kabupaten Banggai itu, secara mengejutkan ditunjuk CIOFF mewakili Indonesia dalam acara Selangor International Indogenous Arts Festival 2018, di Kuala Lumpur, sabtu (04/08/2018) kemarin.

Komunitas sanggar seni Rompong Kabupaten Banggai yang di ketuai oleh Subrata Kalape, seorang budayawan dan seniman yang sempat menyelesaikan disiplin ilmunya disalah satu  sekolah tinggi seni Indonesia di Bandung itu telah membawa Komunitas ini sejak tahun 2005 dan dalam perjalanan panjangnya, beberapa segudang prestasi pun telah mereka raih, mulai dari ajang festival tari nasioanal sampai seni pertunjukan lainnya.

Bupati Banggai Sulteng ir. H. Herwin Yatim memberikan apresiasi dan menyatakan kegembiraannya atas penunjukan tersebut.

“Insya Allah dari Kabupaten Banggai, Indonesia akan mempesona,” kata Herwin Yatim didampingi Ketua Banggai Tourism Board Dino Gobel dan Kadis Pariwisata Kab Banggai Paiman Karto

Penyelenggara CIOFF atau International Council of Organization of Folklore Festival and Folklore Artis merupakan lembaga non pemerintah peduli kebudayaan mitra UNESCO. Dan pelaksanaan kegiatan tersebut diketahui mulai dari tanggal 4 sampai dengan 6 Agustus di Botanica Park Shah Alam Selangor.

Penampilan penari sanggar seni rompong dalam kegiatan International Indogenous Arts Festival 2018. [Foto istimewa]
Selain itu, Sejumlah sanggar tari dari negara-negara asing pun ikut meramaikan acara tahunan tersebut diantaranya Iran, Laos, Indonesia, Thailand, Polandia dan Malaysia sebagai tuan rumah.

secara bersamaan Raja Muda Negeri Selangor menyempatkan hadir dan meresmikan langsung kegiatan yang saat itu diliput banyak media asing. Dan menjadi suatu kebanggan Yulia Eka Putri (Penari) Sanggar seni Rompong di wawancarai oleh salah satu TV swasta Malaysia yakni TV5.