BanggaiKab.go.id_ Pemerintah Kabupaten Banggai mengadakan pertemuan bersama DPRD, dalam gelar malam ramah tamah bersama dengan peserta Rakorwil (Rapat kordinasi wilayah) dan Ketua Umum ADKASI zona Sulawesi, bertempat di aula pertemuan Polabotan Rujab Bupati Banggai, Senin, (07/05/2015) malam.

Unsur Forkopimda, Ketua Umum ADKASI bersama undangan lainnya pada malam ramah tamah di rujab, [Foto,BerandaKab.go.id]
Diawali dengan pembacaan doa, acara malam ramah tamah dimulai dengan gala dinner (makan malam bersama), turut bersama dalam acara malam ramah tersebut, Bupati Banggai bersama Wabup, Ketua Adkasi zona Sulawesi, H.Lukman Said. S.Pd, unsur Forkopimda, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Jajaran DPRD Kabupaten Banggai, Assisten beserta Staff ahli Lingkup PemKab Banggai, Rektor Untika, Ketua DPRD Banggai Kepulauan, Ketua DPRD zona Sulawesi, isteri Anggota Dewan, Tokoh masyarakat dan Tamu undangan lainnya.

Setelah bernyanyi bersama dengan Ketua Adkasi zona Sulawesi, pada kesempatannya, H. Lukman Said. S.Pd memberikan sambutannya, ” trima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banggai yang sudah menjamu dan membuat pertemuan malam ramah tamah,”ucap Lukman, untuk besok kita (Adkasi) akan mengadakan pertemuan.

“Sulawesi khususnya Kabupaten Banggai menjadi pilihan kita untuk mengadakan pertemuan Adkasi zona Sulawesi, karna ini merupakan Instruksi dari Presiden RI. Dan dengan tujuan membangun Indonesia dan membesarkan lembaga DPRD,”Pungkasnya

Lukman menambahkan, “misi kita adalah mensinergikan antara lembaga dan Bupati didaerah tersebut, Dan yang paling penting soal kekisruhan Pilkada mendatang. Ada beberapa Zona yang akan kita putuskan untuk ketetapan Cluster keuangan daerah lewat Kemendagri, “tambahnya, dan akan hadir bersama kita nanti adalah dirjen keuangan daerah. Dan membicarakan soal Prosudural tersebut. Dan kedepannya kita akan mengadakan RAPIMNAS bersama PemKab dan Jajaran DPRD Kabupaten Banggai.

Sementara itu, Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim., MM pada kesempatanya memaparkan perihal Kabupaten Banggai, ” Kabupaten Banggai berjarak 620 km jauh dari Ibu kota provinsi Sulawesi Tengah, Penduduk 360,022, luas wilayah 9,672,70 km, panjang garis pantai kurang lebih 613.25,”ungkap Bupati, Kecamatan jumlahnya 23,”Terang Bupati Banggai, potensi perikanan, Komoditas yakni ikan pelagis dan ikan demersal, Potensi pertambangan yang kita miliki ialah LNG DONGGI SENORO, PABRIK AMONIAK (PAU). Dan potensi pariwisata yang tereksplore dan sangat indah juga unik. Tinalapu, pulau dua dan wisata yang lain.Tak lupa keindahan bawah laut kita tak kalah dengan raja Ampat.

Menurut Bupati, saking indahnya Luwuk barusan Ibu Susi Menteri kelautan dan perikanan mengunjungi Luwuk, dan akan berkunjung kembali dikegiatan TDCC( tour de central celebes) 2018, dan juga akan diadakannya BANGGAI MARINE FESTIVAL 2018, yang kegiatannya pada Bulan Juli-Agustus.

“Untuk pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banggai mengalami peningkatan yang signifikan sebanyak 37.12 persen,” tambahnya

Sebagai penutup bupati mengenalkan, inilah Kabupaten Banggai, Kabupaten yang sangat diberkahi sumber kekayaan alam dan sangat bersih. Krna Luwuk dijuluki Kota Berair ( Bersih, indah dan ramah). Dan sebagai ucapan terima kasih kepada Ketua Adkasi, Bupati Banggai menyerahkan Cendramata berupa tenunan Nambo. Dan dilanjutkan acara lepas.

Liputan :Diskominfo