BanggaiKab.go.id, Luwuk- Rabu, 17 Juni 2020 bertempat di ruang Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai, Bupati Banggai Bapak Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM Mencanangkan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai yang dirangkaikan dengan Penandatanganan Pakta Integritas dan Deklarasi Komitmen. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Bupati Banggai Bapak H. Mustar Labolo, M.Pd.I, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Bapak Ir. Abdullah, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Banggai, Kepala DPMPTSP Kab. Banggai serta pegawai Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa dilanjutkan dengan laporan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Penandatanganan Pakta Integritas oleh Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Kasubag Pengelolaan PBJ, Jabfung PPBJ Pertama dan Muda, serta Staf Bagian PBJ. Sambutan dan arahan Bapak Bupati Banggai dan Wakil Bupati Banggai. Melalui kesempatan ini Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM mengapresiasi kegiatan ini, apa yang dicanangkan oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa merupakan bagian daripada komitmen Pemerintah Daerah untuk semakin menyesuaikan dengan pembangunan kekinian yang merupakan tuntutan dari masyarakat, tuntutan dari pemerintah pusat untuk kita menunjukan kinerja pelayanan yang bersih, bebas korupsi yang diwujud nyatakan dalam kesepakatan bersama yang dilandasi dengan suatu sikap dan tanggung jawab. Bupati Banggai mengapresiasi kinerja Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dibawah jajaran Asisten II, dapat menunjukkan kinerja yang bersesuaian dengan aturan yang ada, sehingga dapat menjadi contoh bagi Dinas lain. Dilanjutkan dengan arahan Wakil Bupati Banggai Bapak H. Mustar Labolo, M.Pd.I menyampaikan bahwa kita hidup ini karena Integritas satu kata dan perbuatan walaupun kita tidak harus seperti malaikat, akan tetapi integritas harus di aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari kita baik di kantor, di rumah terutama pada instansi tempat kita bekerja. Intinya ASN khususnya diLingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Banggai harus memiliki integritas yang tinggi. Selanjutnya dilakukan foto bersama dengan Bupati Banggai, Wakil Bupati Banggai, Sekretaris Daerah Kabupaten, Asisten I, II dan III serta undangan lainnya.

Penandatangan Pakta Integritas Bersama Bupati Banggai

Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan aksi nyata dari strategi Pemerintah dalam pencegahan dan pemberantasan praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Pemerintah telah giat berupaya untuk mencegah pemberantasan korupsi dengan berbagai strategi yang jelas, sebagaimana tertuang dalam Permen PAN-RB Nomor 10 tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dilingkungan Instansi Pemerintah.

Maksud dan tujuan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai yang dirangkaikan dengan Penandatanganan Pakta Integritas dan Deklarasi Komitmen, adalah :

  1. Bentuk komitmen atas pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM);
  2. Untuk meningkatkan pelayanan publik dan bagian dari reformasi birokrasi serta aksi nyata dari strategi Pemerintah dalam pencegahan dan pemberantasan praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) khususnya pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.