BanggaiKab.go.id, Luwuk – Pemerintah Kabupaten (PemKab) Banggai dan Kodim 1308/LB, sukses bersinergi lewat program Pembinaan Teritorial (Binter). Hal itu diakui oleh Bupati Banggai, H. Herwin Yatim, saat membawakan sambutan, pada acara Tatap Muka bersama Tim Penilai Tingkat Pusat Lomba Binter TNI AD TA. 2019, bersama OPD dan komponen masyarakat di Wilayah Kodim 1308/LB, Senin (17/6/2019), bertempat di Aula Makodim 1308/LB.

Salah satu keberhasilan yang diakui oleh Bupati H. Herwin Yatim adalah, di bidang pertanian, petani Kabupaten Banggai, berhasil memberikan surplus pangan. Untuk beras daerah ini mengalami surplus hingga 80 ribu ton. Hal ini tentunya berjalan sesuai dengan visi dan misi Pemda Banggai dibawah kepemimpinan Bupati H. Herwin Yatim dan Wakil Bupati H. Mustar Labolo, dimana sektor pertanian dan kemaritiman, menjadi dua hal prioritas, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Sementara, Dandim 1308/LB, Letkol Inf Nurman Syahreda, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa, di wilayah Kodim 1308/LB khususnya Kabupaten Banggai, dalam hal ini Pemda, tingkat kepeduliannya masih sangat tinggi. Dandim 1308/LB, juga menjelaskan bahwa Binter adalah metoda dan kegiatan serta kemampuan tehnis militer yang berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan dan pengendalian potensi wilayah dengan segenap aspeknya untuk kepentingan Tugas Pokok TNI dalam rangka Pertahanan Negara.
Binter menjadi metode yang diterapkan TNI untuk menyelami,menghubungi,mempengaruhi dan mengajak masyarakat sipil untuk berpartisipasi demi kepentingan pertahanan negara.
Ketua Tim Penilai Tingkat Pusat Lomba Binter TNI AD TA. 2019, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, menegaskan bahwa, fungsi utama Binter adalah sebagai katalisator, antara masyarakat dan pemerintah.

Untuk tahun ini, penilaian Lomba Binter, dibagi dalam 4 klasifikasi. Masing-masing, Kodim Tipe A, untuk Kodim yang berada di wilayah Ibukota, Provinsi Penyangga Ibukota, dan Provinsi. Kodim Tipe B, untuk wilayah perkotaan dan kabupaten, Tipe C, untuk wilayah perbatasan dan pulau terluar, dan Tipe D, untuk daerah rawan.
Untuk klasifikasi Tipe A, Lomba Binter tingkat Nasional ini diikuti oleh 8 Kodim. Untuk Tipe B, ada 15 Kodim, termasuk Kodim 1308/LB. Sementara pada Tipe C dan D, masing-masing diikuti oleh 4 Kodim.

Hadir pada kesempatan itu, selain Bupati H. Herwin Yatim, Dandim 1308/LB, yang mendampingi Ketua Tim Penilai, turut hadir Ketua DPRD Banggai, Ketua PN Banggai, Ketua Persit Kodim 1308/LB, para Kepala OPD di lingkup Pemda Banggai, Camat dan Lurah di wilayah Kecamatan Luwuk, serta segenap komponen masyarakat di wilayah Kodim 1308/LB.
Usai kegiatan tatap muka, rencananya, Tim Penilai bersama rombongan akan berkunjung ke wilayah Kecamatan Lamala, untuk melihat program Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil), pendampingan Kelompok Nelayan, serta Demonstrasi Plot (Demplot), di wilayah Koramil Lamala. (KIB)