Palu,BanggaiKab.go.id – Bentuk komitmen dan keseriusan pemerintah daerah kabupaten Banggai terhadap korban bencana alam di kota Palu, Donggala dan Sigi, khususnya kepada mereka yang masih berstatus mahasiswa asal Kabupaten Banggai, Herwin Yatim selaku bupati Banggai bersama wakilnya, Mustar Labolo, memerintahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Abdullah Ali, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banggai, Sofyan Lalusu, Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banggai, Ernaini Mustatim, untuk bertemu pengelola Perguruan Tinggi Negeri, Universitas Tadulako Palu.

Atas perintah tersebut, ketiga petinggi ASN ini bertemu dengan Vice Rector for Development and Cooperation Affair Tadulako University, Prof. Dr. Mery Napitupulu, M.Sc.,Ph.D, Rabu (24/10/208).

Dalam pertemuan tersebut, Sekab Banggai, Abdullah Ali, mengungkapkan niat baik pemkab Banggai, dalam hal ini niat Bupati Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo, untuk membantu mahasiswa asal Kabupaten Banggai di Palu yang menjadi korban bencana alam, Jumat sore (28/09/2018).

“Duka yang dirasakan rakyat kota Palu, Donggala dan Sigi juga merupakan duka kami warga kabupaten Banggai, sebab dari ribuan orang yang menjadi korban bencana, ada pula warga kabupaten Banggai di sana. Termasuk mahasiswa-mahasiswi yang kini menenangkan diri di Luwuk,” kata Abdullah Ali.

Melihat duka dan trauma yang dialami mereka, pemkab Banggai tidak menginginkan para generasi penerus bangsa ini larut dalam kesedihan dan tidak mau lagi melanjutkan pendidikannya.

Untuk meringankan beban mereka, Bupati Banggai, Herwin Yatim, menyatakan akan membantu biaya perkuliahan selama 2 semester bagi mahasiswa asal kabupaten Banggai di Palu.

“Untuk memastikan status kemahasiswaan mereka, kami mendatangi tempat ini untuk mengecek kebenarannya seraya menjalin kerjasama dengan Untad Palu,” jelas mantan kepala dinas perikanan dan keluatan kabupaten Banggai.

 

BAHAS MAHASISWA BANGGAI KORBAN BENCANA PALU

Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Abdullah Ali, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banggai, Sofyan Lalusu, Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banggai, Ernaini Mustatim bertemu dengan Vice Rector for Development and Cooperation Affair Tadulako University, Prof. Dr. Mery Napitupulu, M.Sc.,Ph.D, membahas tentang beasiswa asal Kabupaten Banggai yang menjadi korban bencana alam di Palu. (ISTIMEWA)

 

Mendengar niat baik pemkab Banggai itu, Vice Rector for Development and Cooperation Affair Tadulako University, Prof. Dr. Mery Napitupulu, pada prinsipnya mendukung.

Sang professor juga meminta agar daftar nama mahasiswa asal kabupaten Banggai yang berkuliah di Untad Palu diserahkan untuk dicek kebenarannya.

Selain meminta daftar nama mahasiswa, Mery Napitupulu, memberikan saran kepada pemkab Banggai agar bisa menyiapkan memulangkan kembali para mahasiswanya ke Palu dan akan dilakukan penerimaan secara ceremonial oleh pihak rektorat serta menyiapkan asrama bagi mereka. Sebab kata Mery, dari hasil pendataan mereka di kampus, ternyata tempat tinggal mereka telah hancur akibat bencana alam tersebut.

“Terkait pindah kampus ke Luwuk, pada prinsipnya tidak masalah kami akan membantu,” tutur Mery Napitupulu.

Usai dilakukan pertemuan tersebut, sekab Banggai mengatakan akan melaporkan hasil pertemuan tersebut kepada Bupati Banggai, untuk diambil langkah-langkah selanjutnya. (***)

 

Tim Liputan Diskominfo Banggai.