BanggaiKab.go.id, Luwuk- Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai gelar kegiatan belajar bersama di Museum daerah, kegiatan berlangsung sejak pagi saat Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim tiba, tatap muka diselenggarakan Di Halaman Museum Daerah Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (24/07/2020).

Acara bertemakan “Lestarikan Cagar Budaya & Museum” dan dalam bahasa lokal merupakan ajakan yakni; Imbo Mambai Museum, Inta Mae Na Museum, Ayo ke Museum.

Hadir bersama dalam kegiatan, Kepala OPD, Ketua PGRI Kabupaten Banggai, Pengawas dan Koordinator Pendidik Wilayah Se-Kecamatan, Ketua IPI, Bapak/Ibu Guru, Kepala Sekolah, Dr. Isnanto Bidjah (Pemateri), Sastrawan dan juga para seniman Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim merespon dan sangat mengapresiasi kegiatan belajar bersama di museum daerah tersebut.
“Kami sebagai Pemerintah Daerah sangat berterima kasih bisa langsung bertatap muka dengan tamu undangan skalian, karna betapa pentingnya pengetahuan tentang budaya lokal tersebut,” ucapnya.

Lanjutnya, Museum ini hampir diliat mengalami kemajuan dan boleh dikata setiap tahun ini ramai dengan berbagai kegiatan.
“Tidak menafikan tentang peran yang diberikan oleh leluhur atau pendahulu kita. Kemajuan museum ini dikarenakan keseriusan dari mereka yang menangani atau membidanginya dan saat ini yang membidanginya adalah ibu Suryani,” Tuturnya.

Kami juga memohon maaf (kata Bupati)atas kedatangan kami, dikarenakan agenda kegiatan kami yang begitu sangat banyak sampai harus bertemu dengan Tamu-Tamu kita. dan Atas Nama Pemerintah Kabupaten Banggai dengan resmi membuka kegiatan belajar bersama di museum

Kadis Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Banggai Hj. Nurdjalal, SH dalam waktu yang sama mengatakan, kegiatan belajar bersama ini untuk memajukan museum daerah ini.
“Kegiatan berdasarkan RPJMD tahun 2016-2021, DPA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai tahun 2020, UUD No.11 Thn 2010 tentang cagar budaya dan UUD No.66 Thn 2015 tentang museum dan kemajuan kebudayaan,”terangnya.

Tujuannya adalah untuk memperkenalkan museum daerah Kabupaten Banggai kepada masyarakat luas, agar bisa mencintai, mengenal serta melestarikan sejarah budaya lokal, kesenian tradisional dan 10 objek kemajuan kebudayaan. Tak lupa kegiatan tersebut belangsung dari tanggal 24 sampai dengan 28 Juli 2020 bertempat di museum daerah.

 

TIM LIPUTAN BID. MEDIA DISKOMINFO BANGGAI