BanggaiKab.go.id, Luwuk– Upaya Pemerintah Kabupaten Banggai dalam pengembangan kinerja antar instansti makin diperkuat dengan digelarnya rapat persiapan evaluasi SAKIP tahun 2019, rapat berlangsung di Ruang Rapat Pahangkobatan Bapelitbangda, Tanjung Tuwis, Kecamatan Luwuk Selatan, Senin (21/10/2019) kemarin.

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Rapat tersebut bertujuan untuk menuju Sakip nilai A.

Hadir bersama dalam rapat persiapan, Kepala Kepala Dinas, Kasubag perencanaan Dinas, ForkopimCam dan Kabag lingkup Sekretariat Daerah.

Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim,MM dalam arahannya menyampaikan bahwa pada kesempatan ini Saya menginstruksikan kepada seluruh Kepala OPD untuk menseriusi terkait Evaluasi Sakip ini.

“Setiap OPD agar mempresentasikan Sakip dihadapan Bupati dan Wakil Bupati, Kepala OPD harus berkomitmen, ini bentuk keseriusan kami terkait Evaluasi Sakip menuju Sakip A,”tuturnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, perlu bapak ibu ketahui bahwa apabila kabupaten Banggai dapat meraih sakip A maka akan menambah perolehan dana insentif daerah kita, dana insentif tersebut bisa di gunakan untuk pembangunan. SAKIP bukan hanya pemberian nilai, namun juga menggambarkan kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran dan dapat di pertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Banggai.

“Bahwa kinerja aparat pemerintahan harus semakin Inovatif dan kreatif dalam menjalankan roda Pemerintahan, sehingga akan cepat dan akurat menyentuh harapan masyarakat, dengan penerapan sakip terbukti mampu mencegah potensi pemborosan anggaran.”ucapnya

Saya berharap Kepada Ketua Tim Sakip Kab. Banggai Kepala Bappelitbangda agar mendata Masing Masing OPD yang tidak mensuport data sakip ini, dan dilaporkan, saya akan memberikan sanksi kepada OPD yang tdk mematuhi aturan main, keinginan kami yaitu Kab. Banggai mendapatkan Sakip A, Kab. Banggai harus menjadi tolak ukur dan reprsentasi Indonesia timur, bahkan bisa sejajar dengan Kabupaten kota Terbaik dalam pengelolaan SAKIP se Indonesia. tutupnya

 

 

(Sub. Bagian Humas, Publikasi dan Dokumentasi)