Luwuk, BanggaiKab.go.id, Dengan tema “Semangat Pahlawan Didadaku” Pemerintah Kabupaten Banggai menggelar upacara peringatan hari pahlawan nasional, Sabtu (10/11/2018), kemarin siang, bertempat di halaman kantor Bupati Banggai, Tombang permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Setelah menaikan Bendera Sang Saka Merah Putih, Bupati Banggai Ir, H. Herwin Yatim,MM yang bertugas sebagai Pembina upacara membacakan sambutan dari Kementerian Sosial RI, marilah kita senantiasa berucap syukur kepada Tuhan karena atas limpahan serta karunianya kita bangsa indonesia pada hari ini memperingati hari pahlawan, tuturnya, setiap tahun tanggal 10 november bangsa kita memperingatinya, untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa kita menyatakan kemerdekaannya.

“prosesi upacara hari pahlawan 10 november yang kita laksanakan saat ini, dari pengibaran sampai mengheningkan cipta selama 60 detik, terang Bupati, itu dilakukan secara serentak diseluruh pelosok tanah air dan perwakilan negara Republik Indonesia di luar negeri.

Bupati Banggai menambahkan, tujuan dari hari pahlawan tersebut, memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air serta meneguhkan semangat bagi bangsa dan negara. Peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus syarat dengan makna dan harus diimplementasi nila kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Turut bersama dalam peringatan hari pahlawan, Unsur Forkopimda, Jajaran TNI dan Polri, Veteran, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), perwakilan sekolah SD, SMP, SMA, PKK Kabupaten Banggai, Forkopimcam, jajaran ASN (Aparatur Sipil Negara) lingkup PemKab Banggai dan tamu undangan lainnya.

Selepas melaksanakan upacara, Bupati Banggai bersama Unsur Forkopimda lainnya bertolak ke TMP (Taman Makam Pahlawan) di kilometer 8 untuk melaksanakan peringatan dan tabur bunga dan peringatan hari pahlawan di Pimpin langsung oleh Dandim  1308/LB Letkol. Nurman Syahreda.

Tak hanya itu, kunjungan bersama pun di lanjutkan di pelataran RTH ( Ruang Terbuka Hijau) Teluk Lalong untuk penaburan bunga kedua. Dan di pimpin langsung oleh Kapolres Banggai AKBP Moch di dampingi oleh Bupati Banggai dan Wakil Bupati Banggai.