BanggaiKab.go.id, BATAM- Pemerintah Kabupaten Banggai dalam hal ini Bupati Banggai yang diwakili H. Mustar Labolo (Wakil Bupati Banggai) pada kesempatannya mengahadiri rapat koordinasi sosialisasi PP No 49 tahun 2018 dan rekruitmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) pada tahun ini. Bertempat di Swissbel Hotel Harbour Bay, Batu Ampat, Batam, Rabu (23/01/2019) kemarin.

Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo mengatakan, kami siap akan melaksanakan dan melakukan pengadaan rekrruitmen P3K.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Banggai telah bersiap-  siap dan akan menyesuaikan dengan kebutuhan di Kabupaten Banggai, berapa jumlah kuotanya dan akan selalu berkoordinasi dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan BKPSDM setempat,” terangnya

Menurut Wakil Bupati Banggai, pola rekruitmen P3K ini sudah pernah dibicarakan dan kemarin Bupati Banggai telah menyepakati dalam dokumen SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) dan telah menyetujuinya.

Turut mendampingi Wakil Bupati Banggai; Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Banggai Soffian Datu Adam, Kabid Pengadaan Pemberhentian dan informasi BKPSDM Amrizal Latiefdan, hadirin lainnya, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja, Staf Khusus Menteri bidang Komunikasi Dudy Purwagandi, Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Kapolda Kepri Brigjen Yan Fitri.

Menteri PANRB Syafruddin dalam agenda rapat tersebut menyampaikan, Pada tahap pertama dikhususkan untuk eks Tenaga Honorer K2 (THK2) pada posisi guru/dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian yang memenuhi syarat. Sedangkan tahap kedua, rekrutmen PPPK untuk formasi umum.

“Proses rekrutmen dan seleksi PPPK rencananya dimulai bulan Februari 2019,” ujarnya.

Menurutnya, rencana rekrutmen P3K tahun 2019 ini sebanyak 150.000 formasi. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi formasi Papua dan Papua Barat, serta daerah yang terdampak bencana, yaitu di Palu, Sigi, Donggala,dan Parigi Moutong.  Terdapat 48 pemda yang mengalami penundaan seleksi CPNS 2018. “Prinsipnya, dilakukan secara bertahap, tanpa menggangu kontestasi Pilpres dan Pileg serentak, yang akan berlangsung April mendatang,” imbuhnya.

Menpan-RB Syafrudin saat menyampaikan sosialisasi P3K di Hotel Swissbell batam [Foto; istimewa]
Syarat batas usia minimal peserta PPPK adalah 20 tahun dan maksimal satu tahun sebelum batas usia pensiun untuk jabatan yang dilamar. Misalnya, untuk tenaga guru yang batas usia pensiunnya 60 tahun, bisa dilamar oleh warga negara Indonesia yang berusia 59 tahun. tambahnya