BanggaiKab.go.id_  Hari ulang tahun provinsi Sulawesi Tengah, dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Banggai. Wakil Bupati Banggai di dampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Kesatuan Polisi Pamong Praja, Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banggai, bertempat di Halaman Kantor Gubernur. Jumat (13/04/2018), pagi tadi

Dalam usianya yang mencapai 54 tahun, Provinsi Sulawesi Tengah telah mencapai pembangunan yang memadai, Gubernur Sulawesi Tengah Drs.H. Longki Djanggola. M.Si Mengatakan, “Tema Ulang Tahun Provinsi Kali Ini, Adalah Sulawesi Tengah Berkualitas, Tema Ini Berkonektivitas Dengan Sejumlah Hasil Pembangunan Yang Telah Dicapai, Seperti Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2017  Yang Mencapai 7,14 Persen, Dan Diikuti Peningkatan Pdrb Per Kapita Menjadi 45,26 Juta Rupiah, kemudian Indeks Pembangunan Manusia Sulawesi Tengah Yang Meningkat Dari 66.76 Poin Pada Tahun 2015 Menjadi 67,47 Poin Pada Tahun 2016, Dan Insya Allah Ke Depan Peningkatan Ipm Akan Difokuskan Pada Perbaikan Kesehatan Masyarakat Guna Meningkatkan Umur Harapan Hidup,” Terang Gubernur, saat ditugaskan menjadi inspektur upacara saat itu.

Longki menjelaskan, Perkembangan Inflasi Kota Palu Selama Periode Tahun 2014-2017, Cenderung Menurun, Walau Tahun 2017 Yang Lalu Sempat Naik, Akan Tetapi Pemerintah Daerah Akan Melakukan Upaya Meredam Inflasi Ke Level Normal Demi Menstabilkan Daya Beli Masyarakat.

“Dari segi Indeks Gini Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2017,Menurun Sampai 0,345 Poin dan Tingkat Kemiskinan Provinsi Sulawesi Tengah Berdasarkan Data September Tahun 2017 Sebesar 14,22 Persen, Dengan Garis Kemiskinan 408.522 Rupiah. Untuk Kedepannya, Penurunan Angka Kemiskinan Tetap Menjadi Prioritas Yang Akan Diatasi Melalui Instrumen Fiskal”tambahnya, Dari Sisi Tenaga Kerja, Tingkat Pengangguran Terbuka (Tpt) Di Provinsi Sulawesi Tengah, Pada Tahun 2017 Hanya Mencapai 3,81 Persen.

Sementara itu, Dari Kualitas Infrastruktur Umum Daerah, Gubernur mengungkapkan Walau Provinsi Sulawesi Tengah Masih Dibawah Rata-Rata Nasional, Tapi Kedepannya Pemerintah Daerah Akan Lebih Memfokuskan Pada Pembenahan Dan Pemantapan Infrastruktur.Tingkat Daya Saing Maupun Strategi Pembangunan Daerah Yang Tergambar Dari Hasil Penelitian National University Of Singapore Di 34 Provinsi Se Indonesia Tahun 2017, Menunjukkan Peringkat Sulawesi Tengah Kini Di Urutan Ke 12, Sementara Untuk Regional Sulawesi, Maluku, Papua Dan Nusa Tenggara, Alhamdulillah, Kita Hanya Terpaut Satu Tingkat Di Bawah Provinsi Sulawesi Selatan Dan Berada Pada Urutan Dua Di Kawasan Timur Indonesia.

Dalam Hal Reformasi Birokrasi, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Kembali Memperoleh Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (Wtp) Dari Hasil Penilaian Badan Pemeriksa Keuangan Ri Tahun 2017, Serta Anugerah Pangripta Nusantara Tahun 2017, Untuk Kategori Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan Dari Kementerian Ppn / Bappenas Ri.

Selain itu, Gubernur Sulawesi Tengah yang mempunyai segudang prestasi ini menyampaikan 6 pesan kepada seluruh insan Pembangunan , yang pertama, agar Jangan Pernah Berputus Asa Dalam Menghadapi Tiap Masalah, Sebab Masalah Dapat Lebih Menjadikan Kita Lebih Kuat Untuk Berjuang Mencapai Cita-Cita Yang Lebih Tinggi. Selalu Percaya, Bahwa Sesuatu Yang Didapat Tanpa Kerja Keras Pasti Tidak Bertahan Lama, Begitu Pula Dalam Menghadapi Kegagalan Yang Dibutuhkan Hanya Keyakinan, Bahwa Kegagalan Adalah Sukses Yang Tertunda. kemudian Kerja Keras, Adalah Simbol Dari Keberhasilan, Olehnya, Kita Mesti Sadar, Bahwa Tidak Ada Hasil Tanpa Dilalui Proses, Dan Yakinlah, Bahwa Do’a Adalah Sebuah Sugesti Yang Menguatkan Kita Untuk Meraih Keberhasilan Karena Tuhan Lah Yang Pada Akhirnya Akan Memberi Hasil Terbaik dan Jangan Pernah Mundur Disaat Tekad Kita Telah Menyatu Dengan Harapan, Sebab Peraduan Keduanya Menjadi Energi Pembakar Semangat Dalam Membangun Sulawesi Tengah. Gubernur juga mengingatkan Kepada Semua Aparatur Sipil Negara Jadilah Pribadi-Pribadi Yang Berbudi Luhur, Dan Selalu Mengajak Nurani Berdialog Dengan Rasionalitas Di Saat Melangkah Dan Bertindak, Jadikan Pengalaman Di Masa Silam Sebagai Peta Dan Pijakan Berharga Kita Dalam Mengarungi Samudera Perubahan.”Pesannya.

Usai pelaksanaan upacara HUT provinsi, Gubernur Longki menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada ASN yang bertugas selama 10, 20 hingga 30 tahun. Dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba petugas operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi dan rawa teladan Tahun 2017. serta melaunching kas online yang ditandai dengan penandatanganan MoU antara Gubernur Sulawesi Tengah, Bank Sulteng dan BPKP Perwakilan Sulteng.

Disamping itu, adapun penyerahan simbolis bantuan ambulace dan mobil jenazah atas program Ketua Komisi IV DPRD Prov Sulteng  Hj. Zalzulmida A. Djanggola, SH, CN.

Turut bersama pada upacara HUT ke-54 Sulteng ini di antaranya, Sekdaprov Sulteng Drs.H Hidayat Lamakarate M.Si, Forkopimda, Anggota DRPD Sulteng, Bupati/Walikota dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulteng, serta tamu undangan lainnya. Di HUT Sul-teng Ke-54 tahun ini, Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Sigi Dodot Tinarso bertindak sebagai Komandan Upacara.

(Humas Protokol Prov Sulteng)

(Humas Protokol setda Kab Banggai)

 

   

 

Liputan : Diskominfo