BanggaiKab.go.id_ Pemerintah Kabupaten Banggai peringati hari lahir pancasila yang ke-73, upacara yang digelar bersama dengan penuh khidmat itu, secara khusus di tempatkan di lapangan alum-alun Bumi Mutiara, Kelurahan Keraton, Kecamatan Luwuk, Jumat (01/06/2018) pagi tadi.

Dihadiri Oleh Unsur Forkopimda, Dandim 1308 L/B,  Wakapolres Banggai, Kejaksaan (diwakili) ,  Komandan Pos AL,  Asisten/Staf Ahli/Pimpinan OPD/ Kabag Setda/ Para pejabat Eselon III dan IV dan peserta upacara, terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP,  Damkar dan ASN serta jajaran lingkup Pemkab Banggai.

Bupati Banggai yang diwakili oleh Mustar Labolo (Wakil Bupati Banggai) bertugas sebagai Inspektur upacara, dan membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia,” Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang di pidatokan oleh Ir. Soekarno, piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final pancasila tgl 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar Founding Fathers,” Pungkas Mustar, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara berjuang, sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang persatukan kita.

Mustar Labolo (Wakil Bupati) saat membacakan sambutan Presiden RI, dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang Ke-73 [Foto Istimewa]
Mustar Labolo menambahkan, Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah di undang-undangkan peraturan Presiden no 54 Tahun 2017 tentang unit kerja presiden untuk pembina ideologi pancasila. bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini di tugaskan untuk memperkuat pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari hari,  yang terintegrasi dengan program pembangunan, pengentasan kemiskinan, pemerataan, kesejahteraan dan berbagai program lainnya, itu semua menjadi bagian integral dari pengalaman nilai nilai pancasila.

Selain itu, isi sambutan presiden yang dibacakan oleh Wakil bupati tersebut, mengajak untuk selalu menjaga perdamaian, menjaga persatuan, dan selalu menjaga persaudaraan di antara kita, saling bersikap santun , saling menghormati, saling toleran,  dan saling membantu untuk kepentingan bangsa, dan mengajak kita saling bahu membahu, bergotong royong demi kemajuan indonesia.

“Selamat Hari Lahir Pancasila ke 73.  Kita Indonesia!,  Kita Pancasila!,  Semua Anda Indonesia!, Semua Anda Pancasila!,”Tegas Mustar, Saya Indonesia, Saya Pancasila.

 

Petugas Upacara :

1. Komandan upacara Iptu Steven.L. (Polres Banggai)

2. Perwira Upacara Kapten Inf Kondi Karim ( Pasi Pers Kodim 1308/LB).

3. Pembaca undang undang Dasar ( anggota Sat Pol PP)

4. Pembaca Doa Serma Sudirman.

 

  

 

Sumber info : (Bagian Humas protokol setda kab banggai)