BanggaiKab.go.id, Jakarta– Suatu Kebanggan secara khusus untuk Pemerintah Kabupaten Banggai, karena saat ini tengah meraih penghargaan Indonesia Attractivenes Awards 2019. Kabupaten Banggai dinobatkan untuk kategori daerah Kabupaten sedang terbaik dalam sektor pelayanan publik.

Acara penganugerahan oleh Tempo Media Group yang bekerja sama dengan Frontier Consulting Group tersebut melibatkan sejumlah Kepala Daerah se Indonesia dan Bupati Banggai H. Ir. Herwin Yatim saat itu diberikan kesempatan untuk menerima langsung penghargaan IAA 2019, bertempat di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (23/07/2019) malam.

Selain kategori provinsi besar, penghargaan di bidang yang sama juga diberikan untuk provinsi sedang dan kecil. Begitu juga untuk kota dan kabupaten dengan masing-masing pengelompokan yang sama. Total sebanyak 45 penghargaan yang dibagikan.

Bupati Banggai mengucapkan terima kasih kepada Media Group Tempo untuk penghargaannya dan ini sebagai wujud nyata keberhasilan Pemerintah Kabupaten Banggai dalam mengembangkan daerah.
“Alhamdulillah, Kabupaten Banggai mendapat penghargaan Indonesia Attractivenes Awards 2019 dan ini peringkat platinum. Kabupaten Banggai sebagai Kabupaten sedang terbaik dalam pelayanan publik,”ucapnya



Sementara itu, CEO Frontier Group Handri Irawan dalam sambutannya menjelaskan, Pertumbuhan Ekonomi dan daya saing di Indonesia sudah tentunya sangat ditentukan oleh kemajuan dan daya saing masing-masing daerah. daerah yang menarik sebagai tujuan investasi akan memberikan kesempatan yang besar untuk semakin bertumbuh, tambahnnya, Banyaknya investor yang menanamkan investasinya ke berbagai sektor di suatu daerah, berimplikasi pada terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan Pendapatan Daerah, dan sekaligus menaikkan tingkat konsumsi masyarakat di Daerah tersebut.

Handri mengungkapkan, proses penghargaan telah melewati proses seleksi yang ketat. Dewan Juri terlebih dahulu membagi kriteria masing-masing daerah berdasarkan dua indikator, yaitu PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto). Sehingga, perbandingan antar daerah bisa dilakukan setara.
“Jadi tidak mungkin membandingkan Jawa Timur yang besar, dengan Kalimantan Utara yang kecil dan masih baru,” kata dia.

Berikut daftar daerah penerima penghargaan di kategori platinum.
Provinsi
Besar: Jawa Timur untuk pelayanan publik dan pariwisata, lalu Jawa Barat untuk investasi, dan DKI Jakarta untuk infrastruktur.
Sedang: Sumatera Barat untuk pelayanan publik, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk pariwisata, Sulawesi Tengah untuk investasi dan Aceh untuk infrastruktur.
Kecil: Bengkulu untuk pelayanan publik, Sulawesi Utara untuk investasi, dan Kalimantan Utara untuk infrastruktur. (Sumber Tempo.co)