Luwuk, BanggaiKab.go.id, Pemerintah Kabupaten Banggai gelar rapat persiapan upacara peringatan hari pahlawan 10 november 2018, dalam rapat tersebut ditempatkan di Ruang Rapat Umum, Kantor Bupati Banggai, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Selasa (30/10/2018) siang tadi.

Sekira pukul 09.00 Wita, rapat persiapan upacara tersebut dihadiri oleh Sekab Banggai Ir. Abdullah,.Msi, Kadinsos Syofyan Lalusu SE. M.si, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Perwakilan Kodim 1308 L/B, Perwakilan Polres Banggai, Dan Posal, Panitia Pelaksana upacara dan tamu undangan lainnya.

Dalam pertemuan Sekab Banggai sebagai pengarah mengatakan, “hari pahlawan adalah hari yang paling bersejarah, dimana kita harus menghargai jasa-jasa pahlawan kita yang telah gugur membela dan berjuang untuk bangsa dan tanah air ini,” ujarnya, mengenai persiapannya, (30/10) hari ini akan kita menetukan tempat pelaksanaannya.

Sekretaris Kabupaten Abdullah menambahkan, pelaksanaan upacara ini adalah sebuah rutinitas atau agaenda, yang tiap tahun Pemerintah Kabupaten Banggai bersama Kodim L/B, Polres Banggai melaksanakannya, upacara tersebut akan dirangkaikan dengan penaburan bunga.

Kepala Dinas Sosial Syofyan Lalusu menyampaikan bahwa, Untuk tugas tugas yang menunjang pelaksanaan upacara, kami akan bagi perseksi, diantaranya perlengkapan, seksi penerima tamu, seksi acara dan lain sebagainya. Ujar kadis, perhubungan akan mengamankan areal parkir dan dinas lingkungan hidup (seksi kebersihan). Dinkes menyiapkan Mobil Ambulance.

Upacara pertama dilaksanakan di Halamam kantor Bupati dan yang kedua dilaksanakan di TMP (Taman Makan Pahlawan) Tanjung Tuwis Kecamatan Luwuk Selatan, ujar Syofyan, untuk Pejabat upacara tabur bunga yang nanti dilaksanakan di pelabuhan ialah Kapolres Banggai.

Setelah hasil kesepakatan rapat, dipastikan hari kamis tanggl 7 nanti akan dilakukan pertemuan kedua, pertemuan dalam bentuk finalisasi atau evaluasi mengenai pelaksanaan upacara hari pahlawan, ungkap kadis sosial, untuk undangan kami serahkan ke bagian umum, kata Kadis Sosial
Setelah pelaksanaan upacara, diketahui Unsur Forkopimda akan mengadakan ramah tamah bersama dengan sejumlah Veteran yang ada di Kabupaten Banggai. Dan direncakan akan ditempatkan di Aula pertemuan Kodim 1308 L/B.

 

Liputan : Diskominfo