” Bahwa pembangunan ruas jalan yang diserah terimakan ini dimulai sejak adanya Surat Bupati Banggai No. 622/35/51/Bappeda Tanggal 21 Oktober Tahun 2008 sekali lagi saya menegaskan bahwa adanya jalan ini karena adanya Surat Bupati Banggai Tahun 2008, kenapa ada surat bupati banggai ini?. Ini adalah permohonan untuk pemindahan jalan provinsi, ruas Luwuk Batui untuk pengembangan kawasan industri di kawasan Banggai  yang salah satunya terhadap rencana PT. DONGGI SENORO yang membangun kilang pengolahan Gas Alam Cair”  

Gubernur Sulawei Tengah Drs. H. Longki Janggola M.Si

BanggaiKab.go.id-Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. Longki Djanggola M.Si meresmikan pembangunan jalan Trans Sulawesi lingkar Uso-Tangkian di Kecamatan Batui, didampingi Bupati Banggai Ir Herwin Yatim MM dan Wabup Mustar Labolo bersama unsur Forkopimda Banggai, Minggu (9/7/2017).
Dalam sambutannya Gubernur menghanturkan rasa terima kasihnya ke pihak Donggi Senoro LNG sebagai pihak yang telah membangun jalan lingkar dengan anggaran yang cukup besar. “Ini adalah pembangunan jalan terbesar di Indonesia. Karena anggarannya hampir Rp 900 miliar. Padahal anggaran pembangunan jalan terbesar di Jawa itu hanya sekira Rp 20 miliar untuk 1 kilometernya, ini (jalan) kalau dipresentasekan sekira Rp 70 miliar per satu kilometernya,” Masih dalam sambutan Gubernur Sulawesi Tengah menerangkan tentang kondisi asal usul/sejarah awal mula pembangunan jalan tersebut.

” Bahwa pembangunan ruas jalan yang diserah terimakan ini dimulai sejak adanya Surat Bupati Banggai No. 622/35/51/Bappeda Tanggal 21 Oktober Tahun 2008 sekali lagi saya menegaskan bahwa adanya jalan ini karena adanya Surat Bupati Banggai Tahun 2008, kenapa ada surat bupati banggai ini?. Ini adalah permohonan untuk

TANDA TANGAN PRASASTI: Gubernur Sulteng, Drs. Longki Djanggola M.Si saat menandatangani prasasti jalan lingkar Uso, Minggu (9/7/2017).

pemindahan jalan provinsi, ruas Luwuk Batui untuk pengembangan kawasan industri di kawasan Banggai  yang salah satunya terhadap rencana PT. DONGGI SENORO yang membangun kilang pengolahan Gas Alam Cair”  kata Gubernur Sulteng Longki Djanggola, sebelum menandatangani prasasti pembangunan jalan Trans Sulawesi lingkar Uso – Tangkian. Gubernur berharap pembangunan jalan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. Ia juga berpesan agar dalam setahun ke depan jika terjadi kerusakan, jalan tersebut masih menjadi tanggungjawab DS-LNG. Kemudian Bupati Banggai dalam sambutannya memberikan pesan agar apa yg dipersembahkan oleh perusahaan berupa kompleks rest area yg dibuat dengan baik dengan membangun mushallah, gedung pertemuan km/wc yang baik juga ada 9 lapak untuk UMKM serta bangunan lainya yang telah diserahkan kepada Pemda Banggai agar masyarakat bisa manfaatkan dan jaga dengan baik ini bentuk kepedulian yang luar biasa kepada Pemda Banggai.

Presiden Direktur DS-LNG, Tomomasa Nishimura dalam sambutannya mengatakan pembangunan jalan sepanjang 12 kilometer tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi pengguna jalan. Ia mengatakan pembangunan yang dilakukan telah dilengkapi dengan rest area dengan fasilitas yang cukup baik. “Semoga ini bisa digunakan dengan baik oleh pengguna jalan,” kata Tomomasa Nishimura, dalam bahasa Indonesia dengan terbata. Selain serah terima bangunan rest area dan peresmian jalan lingkar Uso-Tangkian.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Bupati Banggai Ir Herwin Yatim bersama unsur Forkopimda sempat melepas rombongan pelari Banggai Run 5K yang dirangkaikan dalam momen peresmian jalan lingkar tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

Liputan : Diskominfo