Luwuk, BanggaiKab.go.id, Pemerintah Kabupaten Banggai dalam agenda kunjungannya, bertolak ke Kecamatan Nambo. Kecamatan yang selain diketahui berpenghasil batik tenunan dengan corak maleo dan ikan cardinal fish tersebut, ternyata mempunyai kebudayaan dan tradisi sangat khas dalam menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1440 H, dan pada kesempatnnya Bupati Banggai terlihat antusias dan sangat salut dalam perayaan itu masih dengan tradisi dan kebudayaan asli Nambo dengan di arak musik tabuhan gendang dan musik tradisional lainnya.

Seperti diketahui kegiatan keagaaman ini dirayakan oleh seluruh umat muslim di indonesia, perayaan yang tiap tahun di selenggarakan itu merupakan bukti kecintaan umat muslim kepada Nabi Muhammad, Nabi yang membawa kedamaian dan rahmat untuk Alam semesta dan sudah seharusnya diperingati dan dijaga kelestarian budayanya.

Bupati Banggai H. Herwin Yatim yang saat itu bersama dengan Wakilnya H. Mustar Labolo, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Assisten I, Ketua MUI Kabupaten Banggai, Perwakilan DSLNG, Camat Nambo, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, menyampaikan, tradisi ini sangat luar biasa karena merupakan budaya yang khas yang sudah turun-temurun dilaksanakan, ini merupakan warisan agar supaya generasi penerus atau generasi muda masyarakat Nambo bisa menyaksikannya.

“Kecamatan Nambo merupakan suatu wilayah Kecamatan yang kaya akan dengan kebudayaan dan pengembangan nilai-nilai agama, oleh karena itu wajib di jaga, dikembangkan,”tutur Bupati, insyallah kita (Pemerintah) akan programkan dan akan dijadikan event tahunan.

Selain itu, Bupati Banggai juga menilai kegiatan ini akan di bicarakan dan dianggarkan nanti lewat Kepala Dinas Pariwisata serta Instansi terkait lainnya, agar penyelenggraannya bisa terwujud di 2019 mendatang.

Bupati Banggai bersama Rombongan disambut dengan adat  Pandanga, tampak sejumlah pemuda dan masyarakat Kecamatan Nambo sangat antusias pada perayaan Maulid Nabi Muhammad 1440 H. [Foto Istimewa]
Dalam pertemuan tersebut, Bupati juga berpesan kepada segenap generasi muda agar tetap menjujung tinggi budaya ini, karena Kebudayaan serta nilai agama sangat dibutuhkan dan bisa meningkatkan mutu integritas lintas generasi dan dapat mempersatukan daerah Kabupaten Banggai yang sama-sama kita cintai ini, ucapnnya saat kegiatan perayaan yang dilangsungkan di lapangan sepak bola, Kelurahan Nambo Bosa, Rabu (21/11/2018)

Keberagaman Kebudayaan di Kabupaten Banggai menurut Bupati sangat kaya, sehingga kita bisa menarik pendatang dari luar daerah selain berwisata, kita juga mempunyai wisata religi yang terdapat di Nambo. tutupnya.