BanggaiKab.go.id,  Bupati Banggai pada kesempatannya mengatakan, dalam  surat edaran Menteri dalam negeri nomor 300/3037/SC, tentang peningkatan kesiapsiagaan dan keterlibatan pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat, guna mengantisipasi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Pernyataan sikap ini adalah  bentuk koordinasi dengan berbagai stake holder pembangunan masyarakat, yaitu melalui forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Forum komunikasi antar umat beragama dan komponen lainnya,”terang Ir. H. Herwin Yatim.,MM (Bupati Banggai) saat memberikan sambutan pada pertemuan yang di gelar di ruang rapat umum, halimun, kawasan kantor bupati, kecamatan luwuk selatan, Senin (04/06/2018) pagi

Patut di apresiasi dalam pertemuan ini, tegas Bupati, karna kita selaku Pemda Banggai bisa menyatakan sikap secara langsung untuk seluruh komponen masyarakat dan seluruh pihak yang mendukung dalam kegiatan ini.

Negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) adalah bentuk final dari perjuangan bangsa kita untuk menetapkan corak, Bupati Banggai menegaskan, Negara NKRI itu harus didasarkan dengan kedaulatan rakyat dan keadilan sosial tanpa memandang latar belakang primordial dari warga negaranya.

“Dengan hal tersebut, status agama, status adat dan Ras di Negara kita ini adalah sama tanpa pengecualian,”ujar Bupati Banggai, dimana satu agama tidak lebih tinggi kedudukannya dan statusnya dari agama yang lainnya, semuanya bersatu padu secara harmonis dalam bingkai NKRI.

Selain itu, Negara mengecam sikap dan pandangan sempit, lanjutnya, dari warga negaranya terhadap agama lain. Islam sendiri menekankan toleransi yang sangat luas, dan mengakui atas hak-hak semua agama yang ada di masyarakat.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Banggai, Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Kapolres Banggai, Dandim 1308 L/B, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua PN Banggai, Ketua Pengadilan agama Kabupaten Banggai, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banggai, Unsur Kominda (Forum komunikasi dan koordinasi unsure intelijent), Ketua FKUB Kabupaten Banggai, Ketua FKDM, Ketua FPK, Unsur Pakem, Tokoh pemuda, Tokoh perempuan, tokoh adat, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), ASN lingkup PemKab Bnaggai dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Setelah di tandatangani dan disepakati, Bupati Banggai  langsung membacakan isi dari pernyataan sikap secra bersama.

Bupati Banggai saat membacakan isi dari pernyataan sikap dan di ikuti oleh unsur forkopimda lainnya, [Foto istimewa]
KEPADA SEGENAP SAUDARA-SAUDARA KAMI YANG TERCINTA, MENYIKAPI TINDAKAN KEJAHATAN KEMANUSIAN DARI PARA TERORIS YANG TELAH TERJADI SECARA BERULANG ULANG DITANAH AIR TERCINTA, KAMI SEGENAP JAJARAN PEMERINTAH DAERAH , FORUM KOMUNIKASI PIMPINAN DAERRAH, FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DAN KOMPONEN MASYARAKAT LAINNYA DENGAN INI MENYATAKAN SIKAP.

  1. MENGECAM DENGAN KERAS SETIAP TINDAK KEJAHATAN TERORISME SERTA MENGUTUK PARA PELAKU TERORISME DALAM BENTUK APAPUN;
  2. TINDAKAN TEROR ATAS NAMA APAPUN ADALAH TINDAKAN YANG BIADAB DAN SALAH SATU BENTUK KEJAHATAN KEMANUSIAANYANG HARUS KITA LAWAN DAN SETIAP TINDAKAN KEJAHATAN TERORISME TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN AGAMA APAPUN.
  3. MENGAJAK KEPADA SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT AGAR MENJAGA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DENGAN MENGEDEPANKAN KEDAMAIAN, KESEJUKAN, KERUKUNAN KEKOMPAKAN, SERTA KERJA SAMA DALAM KEBAIKAN.
  4. MENGAJAK SEMUA ELEMENT MASYARAKAT KABUPATEN BANGGAI DARI BERBAGAI KALANGAN BAIK SUKU, AGAMA DAN GOLONGAN MANAPUN UNTUK MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN SERTA TOLERANSI GUNA MENGUATKAN RASA KEBHINEKAAN SEBAGAI BANGSA INDONESIA.
  5. KABUPATEN BANGGAI SELAMA INI DIKENAL AMAN, TOLERANSI AGAMA SANGAT BAIK, JANGAN SAMPAI TERNODAI OLEH PERBUATAN KEJI OLEH OKNUM YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB SERTA TIDAK TERPROVOKASI ATA BERITA BOHONG ATAU HOAX YANG DAPAT MEMPERKERUH SUASANA.
  6. KEPADA SELURUH MASYARAKAT DI WILAYAH KABUPATEN BANGGAI DARI TINGKAT KECAMATAN, KELURAHAN, DESA SAMPAI KEPADA RT/RW, AGAR MENGAKTIFKAN POSKAMLING PADA WILAYAH MASING-MASING DAN LAKUKAN TINDAKAN DETEKSI DINI DAN CEGAH DINI TERHADAP WARGA YANG TIDAK JELAS MELAKUKAN AKTIFITAS DI LINGKUNGAN MASING-MASING.
  7. BERSAMA FORUM KOMUNIKASI PIMPINAN DAERAH(FORKOPIMDA) SEPAKAT MENGGUNAKAN MOMENTUM INI UNTUK MEMPERKUAT KOMITMEN BERSAMA BAHWA PEMERINTAH DAERAH HARUS SELALU HADIR DI SEMUA LEVEL SAMPAI KE TINGKAT YANG PALING BAWAH DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT DI WILAYAH KABUPATEN BANGGAI
  8. KITA BERKUMPUL BERSAMA UNTUK MEMASTIKAN BAHWA SELURUH WILAYAHKABUPATEN BANGGAI DALAM SUASANA AMAN DAN KONDUSIF DAN SIAP MENGAHADAPI LEBARAN IDUL FITRI 1439 H/ 2018 M DENGAN SEGALA DINAMIKANYA.

 

Liputan: Diskominfo