Luwuk– Sebagai organisasi perangkat daerah yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam meningkatkan kapasitas kepemudaan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banggai tidak hanya menitikberatkan kegiatannya pada penyediaan dan pengembangan sarana yang menunjang aktivitas kepemudaan. Pembinaan karakter dan akhlak melalui pendekatan agama juga terus digencarkan.

Saat membuka kegiatan peningkatan keimanan dan ketakwaan pemuda yang diselenggarakan oleh Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Banggai di Hotel Santika, Senin (3/12/2018), Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo menekankan pentingnya pengamalan yang menyeluruh dan seimbang antara ilmu, iman, dan amal.

“Silakan menuntut ilmu setinggi-tingginya, tapi cerdas intelektual saja tidak cukup. Harus dibarengi dengan kecerdasan emosional dan spiritual. Sehingga bisa seimbang antara dunia dan akhirat,” pesan Wakil Bupati di hadapan puluhan pelajar. Dalam konteks pembangunan yang terjabarkan dalam visi misi Pemda Banggai, yakni mewujudkan pengembangan nilai-nilai agama, kearifan lokal dan budaya, kegiatan ini dirasa tepat.

Dalam dimensi sosial, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banggai Syaifuddin Muid mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi pemuda di masa mendatang akan semakin kompleks. Lonjakan jumlah tenaga kerja usia produktif menuntut kebutuhan lapangan pekerjaan yang luas dan merata.

Untuk membentengi pemuda dari problem sosiokulturalnya, Dispora Banggai menghadirkan Ketua MUI Banggai Ust. Zainal Abidin Alihamu dan Kabag Kesra Setda Banggai Ust. Ramly Hasan yang membawakan materi: Manusia dan Alam sebagai Ciptaan Tuhan dan Pemuda dan Bahaya Narkoba. Selain pelajar, Dispora Banggai juga mengundang organisasi-organisasi seperti Pramuka, Palang Merah Indonesia, dan KNPI Banggai.

   

Liputan: Diskominfo Kab Banggai