Pemohon mengajukan permohonan ke petugas Satpas Satlantas Polres Banggai

Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banggai yang terletak di Kompleks Perkantoran Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, siap melayani pengurusan penerbitan SIM dengan klasifikasi SIM A, B I, B II dan C.

Saat kita akan mengurus SIM di kantor Satpas Polres Banggai, harus kita selaku pemohon memastikan bawah persyaratan penerbirtan SIM sudah terbawa antara lain, Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli yang sah, Fotocopy KTP, Surat Keterangan Dokter Sehat Jasmani dan Surat Keterangan Sehat Rohani (Psikologi).

Sesampainya di kantor tersebut, kita sebagai pemohon akan dipersilahkan masuk ke dalam ruangan ber-AC dan menuju meja petugas registrasi untuk mengambil formulir pendaftaran. Jika masih antri, maka petugas Satpas akan mempersilahkan kita untuk duduk sambil menunggu giliran. Ketika tiba pada gilirannya, maka petugas yang baik hati, ramah dan selalu tersenyum itu ,akan melayani kita dan langsung memberikan Formulir Pendaftaran sesuai permohonan.

 

Pemohon membayar biaya PNBP di teller Bank

 

Sebelum kita selaku pemohon mengisi formulir yang telah diberikan, kita dipersilahkan menuju teller bank atau ATM guna membayar biaya pembuatan SIM atau Pendapatan Negara Bukan Pajak yang disingkat PNBP, sesuai dengan permohonan pemohon.

 

Pemohon sedang mengikuti mengisi permohonan

Sesudah mendapatkan resi bank, pemohon dipersilahkan duduk di kursi yang sudah disiapkan dan langsung mengisi formulir pendaftaran yang sudah diberikan tersebut dengan benar. Selanjutnya bagi pemohon SIM A, B I, dan B II diwajibkan mengikuti simulator.

 

Pemohon mengikuti Uji Simulator bagi pemohon SIM A, B I dan B II yang disampingi petugas Satpas Satlantas Polres Banggai

Usai mengisi formulir dan memenuhi semua persyaratan serta menyerahkannya kepada petugas entri pada sistem Satpas Polres Banggai, pemohon dipersilahkan menuju ke petugas identifikasi.

Pengambilan Foto pemohon oleh Petugas Satpas Polres Banggai

Proses identifikasi selesai, pemohon diwajibkan masuk di salah satu ruangan ber-AC dan duduk mengikuti ujuan teori. Isi pertanyaannya seputar aturan lalu lintas.

 

Pemohon sedang mengikuti ujian teori di Satpas Polres Banggai

Jika lulus, maka pemohon dipersilahkan masuk pada ujian praktek. Jika tidak lulus, maka petugas memberikan kesempatan kepada pemohon selama 7 hari untuk mengulang kembali, jika masih tidak lulus masih diperkenankan untuk ujian lagi pada hari ke 14 dan setelah 30 hari.

 

Petugas Satpas Satlantas Polres Banggai sedang menilai Pemohon SIM yang mengikuti ujian praktek

Pengulangan ini juga berlaku bagi ujian praktek. Jika sampai batas 30 hari pemohon juga tidak lulus atau tidak mau mengulang, maka uang yang disetor ke bank tadi akan dikembalikan.Tapi jika tahap ujian teori dan ujian praktek dinyatakan lulus, maka petugas Satpas Satlantas Polres Banggai akan mencetak SIM kita dan menyerahkannya kepada pemohon.

 

Petugas Satpas Satlantas Polres Banggai sedang menyerahkan SIM pemohon sesuai permohonan

 

Inilah prosedur pengurusan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) Baru A, B I, B II dan C di Satpas Satlantas Polres Banggai. Ayo lengkapi kelengkapan kendaraan kita…

 

 

Sumber : Satlantas Polres Banggai

Editor : Aiptu Anis (Satlantas Polres Banggai) dan Steven Laguni (Media Diskominfo Banggai).