BanggaiKab.go.id, Jakarta– Pemerintah Kabupaten Banggai kembali mendapatkan penghargaan dari Yayasan Lentera Anak Indonesia bersama 6 daerah lainnya di Indonesia yang diterima langsung Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim MM di Jakarta, Selasa (22/01/2019) kemarin.

Dalam sambutannya, Bupati Herwin menekankan komitmenya untuk terus meningkatkan perlindungan terhadap anak dengan menggalakkan kampanye ke para remaja. Sebagai bentuk keseriusan, ia bahkan menyatakan akan menghilangkan iklan rokok dari sejumlah titik dalam Kota Luwuk.

“Jadi kami siap kehilangan sekitar delapan miliar lebih untuk perlindungan terhadap anak di tahun 2019,” paparnya.

Bupati Herwin menuturkan, setiap tahunnya pendapatan dari iklan rokok dan lainnya dalam Kota Luwuk bisa mencapai Rp13 miliar lebih. Namun, jika komitmen penghapusan iklan rokok diterapkan maka daerah yang berada di ujung timur Sulawesi Tengah itu akan kehilangan sekira Rp8 miliar lebih.

Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim memberikan sambutan saat penganugerahan penghargaan sahabat ramah anak di Jakarta (22/01), [Foto, Humas PemKab Banggai]

“Tidak apa-apa, nanti kita galakkan pendapatan dari sektor yang lain. Terutama dari sektor tambang,”.ungkapnya.

Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim menerima undangan untuk mendapatkan penghargaan dari Yayasan Lentera Anak Indonesia di Jakarta. Undangan itu sekaitan dengan adanya penilaian bahwa Kabupaten Banggai masuk dalam kategori Kota Layak Anak. Selain, menerima penghargaan Bupati Herwin juga didaulat sebagai narasumber pada kegiatan yang turut dihadiri oleh Walikota Padang, Bupati Lamongan dan Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat.

“Sangat bersyukur bahwa oleh sebuah lembaga nirlaba, yayasan peduli anak yang berpusat di Jakarta bernama Yayasan Lentera Anak telah menilai kita sebagai pemda yang berkomitmen kuat untuk melindungi anak-anak dari paparan asap rokok dan pengaruh negatif dari rokok,” ungkap Bupati Herwin.

Bupati Herwin mengungkapkan pemberian award tersebut akan semakin mencambuk diri dan komitmen pimpinan daerah dalam mewujudkan kebijakan kebijakan yang pro kepada kualitas kehidupan anak-anak dan masa depan mereka melalui lingkungan yang bersih dan sehat. Nyaman dalam artian salah satunya adalah bebas dari asap rokok.

 

 

(Sumber : AS/ Humas Setda Kab.Banggai)