– BUTON SELATAN DAN POLEWALI MANDAR KAJI BANDING SOAL STUNTING
– KABUPATEN GORONTALO BENCHMARKING PESERTA DIKLAT PIM IV

BanggaiKab.go.id. Luwuk – Sejumlah keberhasilan yang diraih oleh Kabupaten Banggai, dibawah kepemimpinan Bupati Ir. H. Herwin Yatim, MM, dan Wakil Bupati Drs. H. Mustar Labolo, menyita perhatian beberapa daerah, terutama di Sulawesi.

Hal itu dibuktikan dengan kunjungan dari Tiga daerah yang ada di Sulawesi, masing-masing, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dan Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Dua daerah yang disebutkan pertama, berkunjung ke Kota Luwuk, dalam rangka Kaji Banding Manajemen Program Stunting. Sementara, Kabupaten Gorontalo, berkunjung dalam rangka Benchmarking Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, Angkatan ke IX Kabupaten Gorontalo.

Kaji banding merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan informasi apa yang telah dicapai oleh pihak atau instansi lain dalam menjalankan tugas yang sama. Sedangkan Benchmarking adalah suatu proses yang biasa digunakan dalam manajemen atau umumnya manajemen strategis, dimana suatu unit/bagian/organisasi mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap aktivitas atau kegiatan serupa unit/bagian/organisasi lain yang sejenis baik secara internal maupun eksternal.

Selama Tiga hari, mulai hari Kamis (18/7/2019), hingga Sabtu (20/7/2019) Rombongan Tim Kaji Banding, yang dipimpin oleh Asisten I Bupati Buton Selatan, L. M. Muslim T, S.Pd, M.Si, berkunjung ke beberapa tempat untuk melihat langsung bagaimana bagian dari Manajemen Program Stunting, yakni Posyandu Prakonsepsi, yang berhasil masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik di Indonesia dilaksanakan.

Selanjutnya, pada hari Senin (22/7/2019), Bupati H. Herwin Yatim, menjamu Wakil Bupati Polewali Mandar, Drs. HM Natsir Rahmat, bersama Rombongan Tim Kaji Banding dari Dinkes Kabupaten Polman, bersama Tim Bank Dunia dan Tim Kemenkes RI. Rombongan yang berjumlah 41 orang itu, akan mempelajari keberhasilan penanganan Stunting di Kabupaten Banggai, hingga hari Kamis (24/7/2019).

Kemudian, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, bersama Wabup Drs. H. Mustar Labolo, menerima rombongan peserta Benchmarking Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, Angkatan ke IX Kabupaten Gorontalo, Selasa (23/7/2019), bertempat di Ruang Rapat Umum, Kantor Bupati Banggai.
Sebanyak 40 orang peserta Diklat Pim IV dan 12 orang panitia, rencananya akan berada di Kota Luwuk, hingga hari Sabtu (27/7/2019) nanti. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Ir. Hadijah U. Tayeb, MM, saat membawakan sambutan, mewakili Bupati Gorontalo, yang rencananya akan hadir menyusul rombongan, pada tanggal 24 Juli 2019, sekaligus berencana menghadiri acara pembukaan Festival Pulo Dua.
Dalam sambutannya, Sekda Hadijah U. Tayeb, menyampaikan bahwa, salah satu tujuan dari kegiatan Benchmarking ini adalah, karena Kabupaten Banggai telah berhasil meraih predikat BB untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Sehingganya, Kabupaten Gorontalo yang baru meraih predikat B, dianggap perlu untuk datang belajar ke daerah ini.

Usai menerima dan bertukar cinderamata bersama Sekda Hadijah U. Tayeb, selaku pimpinan rombongan peserta Diklat, Bupati H. Herwin Yatim, meninggalkan Ruang Rapat Umum, untuk bertolak ke Ibukota Jakarta, dalam rangka penerimaan penghargaan dari Majalah Tempo, hari Rabu (24/7/2019). (Kib)

 

 

TIM LIPUTAN BIDANG MEDIA DISKOMINFO BANGGAI