LUWUK, BanggaiKab.go.id – Votting Day pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD serta Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2019, sudah semakin dekat.

Komisi Pemilihan Umum Daerah di Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Banggai terus mengajak kepada semua pemilih untuk mengunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April mendatang. Seperti yang dilakukan KPUD Banggai di Teluk Lalong Luwuk, Minggu (7/4/2019).

Nama kegiatan yang digelar adalah KPU FUN RUN. Wakil Bupati Banggai, H. Mustar Labolo berkenan melepas peserta kegiatan dengan rute teluk lalong-tugu adipura-depan rumah jabatan bupati-perempatan kantor BPS Banggai-hotel dinasti dan finish kembali di Teluk Lalong Luwuk.

Ada kurang lebih 600 orang yang mengikuti kegiatan tersebut, termasuk Wakil Bupati Banggai, H. Mustar Labolo bersama komisioner KPU Banggai. Bupati Banggai, H. Herwin Yatim dan Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Abdullah Ali pun berkenan hadir dan mengikuti simulasi pelaksanaan pemungutan suara yang telah disiapkan KPU di Teluk Lalong.

Terlihat tiga tokoh pimpinan daerah ini mengikuti alur kegiatan pemungutan suara di TPS yakni mulai mendaftar diri kepada KPPS, duduk antrian di kursi yang sudah disiapkan sambil menunggu nama dipanggil oleh ketua KPPS, ketika nama sudah dipanggil langsung melakukan pencoblosan di bilik suara dan memasukan surat suara yang telah dicoblos di dalam kotak hingga terakhir pemberian tanda tinta pada jari yang menyatakan sudah mengunakan hak suaranya.

Ketua KPUD Kabupaten Banggai, Zaidul Mokoagow dalam sambuatannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama-sama menyukseskan kegiatan tersebut sehingganya dia berharap pada saatnya nanti, semua pemilih bisa mengunakan hak pilihnya di TPS yang sudah ditentukan masing-masing.

Dari pantauan BanggaiKab.go.id, selain Bupati Banggai, H. Herwin Yatim, Wakil Bupati Banggai, H. Mustar Labolo, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Abdullah Ali, Komisioner KPU Kabupaten Banggai, hadir pula unsur forkopimda, pimpinan OPD seperti Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Banggai, Bambang Eka Sutedi, hadir pula pimpinan perbankan seperti Pimpinan Bank Syariah Mandiri Luwuk, Riandi Sumarto dan Bawaslu Banggai serta perwakilan partai politik dan warga masyarakat kabupaten Banggai lainnya.

Dengan antusiasnya warga mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan nanti semua rakyat kabupaten Banggai bisa mengunakan hak pilihnya dengan langsung, jujur, adil, bebas dan rahasia. (***)