BanggaiKab.go.id, Luwuk– Memasuki usia yang hampir setengah abad lebih tersebut, Kabupaten Banggai hari ini (08/07) rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 59. Daerah yang berjagon Bersih, Aman, Indah dan Ramah (BERAIR) yang di bawahi kepemimpinan Bupati Banggai H. Herwin Yatim dan Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo sebagai Pemerintah Kabupaten Banggai, sukses mengembangkan daerah ini.

Bupati Banggai pada kesempatannya mengatakan, Pada Tanggal 8 Juli Ini Ditetapkan Sebagai Tanggal Lahirnya Kabupaten Banggai Yang Kita Peringati Setiap Tahunnya. Kabupaten Banggai Pada Hari Ini Telah Genap Berusia 59 Tahun.

“Dengan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang Ke- 59 Ini, Pemerintah Daerah berupaya mendesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah dimasa Lalu,” ucap H. Herwin Yatim, di depan para tamu undangan. Senin (08/09/2019) Pagi. Yang ditempatkan di Pelataran Kantor Bupati Banggai, Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Turut bersama dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Banggai, Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah bersama Sekprov, Bupati Se-Sulawesi Tengah, Unsur Forkopimda, Staf Ahli dan Assisten Bupati Banggai, Sekretaris Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pimpinan BUMN/BUMD, Tamu Kehormatan dari Perancis, Kemenkumham, dan Pengacara Kondang Farhat Abas.

Bupati Banggai menambahkan, sejarah mencatat, Kabupaten Banggai telah menjadi pusat kejayaan dan kebesaran Kerajaan Banggai dan kita berharap warisan kejayaan Banggai ini mampu meningkatkan semangat dan daya juang kita bersama dalam membangun Kabupaten Banggai menjadi wilayah yang disegani.

“Jadikan Kabupaten Banggai Sebagai kebanggaan masyarakat, tentu saja pada momentum hari jadi Kabupaten Banggai Ini, mari kita bermuhasabah, merekonstruksi mana hal-hal baik yang perlu kita pertahankan serta mana hal-hal yang harus segera diperbaiki. Untuk Itu, mari kita bergandengan tangan dalam harmoni yang seirama dan saling menguatkan satu sama Lain, kebersamaan adalah kekuatan kita,”tuturnya

Sementara itu, dampak dari kemajuan dapat dilihat dari berkembangnya aktivitas pada sektor perdagangan dan jasa akibat berkembangnya Luwuk sebagai Ibukota Kabupaten Banggai, menjadi daerah dengan ciri dan aktivitas perkotaan yang semakin berkembang dan beragam.

Di usia kepemimpinan kami kata H. Herwin Yatim selaku Bupati Banggai, Kami telah berupaya untuk melakukan kerja nyata dalam mengemban amanah rakyat. kerja cepat dan taktis telah kami upayakan untuk melaksanakan tujuan dan kebijakan pembangunan yang telah kami rencanakan, hingga saat ini telah ada 190 inovasi yang telah tercipta di masa Kepemimpinan Kami. Inovasi itu berada di berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, pertanian, UKM, hingga perbaikan birokrasi.

Di sektor birokrasi, Pemerintah Daerah telah melaksanakan pengelola kepegawaian terbaik yang dinilai oleh BKN RI. Hal ini tentu saja ditopang dengan inovasi layanan kepegawaian secara terpadu dengan BKN Kanreg IV Makassar yang ditetapkan di Luwuk meliputi, penetapan Nip Cpns tahun 2019, penetapan kenaikan pangkat setiap tahun 2 Periode penetapan pensiun Pns dan penetapan pertek BKN.

  

 

(Tim Bidang Media Dsikominfo Kabupaten Banggai)