Pagimana, BanggaiKab.go.id – Kurang lebih 7 ribuan warga masyarakat Kecamatan Pagimana dan Kecamatan Lobu, tumpah ruah di lapangan Gelora Pemuda Pagimana, Senin (4/3) semalam.

Kehadiran ribuan warga masyarakat di lapangan bersejarah bagi rakyat Kabupaten Banggai itu, tidak lain untuk menyaksikan penutupan pelaksanaan Pagimana Expo dalam rangka peringatan Hari Patriotik yang ke 77 Tahun, yang dibuka oleh Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, Selasa (12/2) lalu.

Terlihat tidak hanya di dalam lapangan yang dipenuhi masyarakat, tetapi di sepanjangan jalan lapangan tersebut juga dipenuhi warga Pagimana dan Lobu.

Camat Pagimana, Sumitro Balahanti, SH, yang juga sebagai ketua pelaksana pameran Pagimana Expo tak menyangka jika pada malam penutupan itu, antusias warga terhadap kegiatan tersebut sangat terlihat. Kendati diketahuinya, kurang lebih 3 minggu pelaksanaan kegiatan, setiap malam dipastikan ada 3 ribuan warga yang memadati lapangan tersebut.

“Perlu kami laporkan, sebelum pelaksanaan penutupan kegiatan yang dilaksanakan malam ini, banyak warga masyarakat meminta kepada saya, agar pelaksanaan pameran Pagimana Expo dalam memperingati Hari Patriotik diperpanjang hingga genap satu bulan,” katanya.

Mendengar hal tersebut, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga di Kecamatan Pagimana di 33 desa dan kelurahan serta warga masyarakat Kecamatan Lobu yang sudah mengikuti kegiatan tersebut.

“Mendengar keinginan warga masyarakat Pagimana dan antusiasnya warga menghadiri kegiatan pameran Pagimana Expo dalam rangka memperingati Hari Patriotik 12 Februari ini, maka tahun depan, saya sudah mengimbau kepada seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Banggai untuk ikut menyukseskan kegiatan ini dengan mengikutsertakan utusannya pada pelaksanaan tapak tilas dari Luwuk menuju Pagimana,” tuturnya.

Bupati menambahkan, dengan diperingati Hari Patriotik 12 Februari, ini membuktikan bahwa seluruh warga Kabupaten Banggai, khususnya warga masyarakat Kecamatan Pagimana tidak akan melupakan peristiwa bersejarah tersebut bahwa perebutan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ada warga Pagimana didalamnya.

“Peringatan Hari Patriotik ini merupakan bukti sejarah bahwa ada warga Kabupaten Banggai, khususnya warga Pagimana yang ikut berperan dalam merebut Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Untuk itu, H. Herwin Yatim mengajak kepada semua warga Pagimana bersatu tidak melupakan sejarah dan tetap mempertahankan NKRI. (***)

 

Tim Media Diskominfo Banggai