Luwuk, BanggaiKab.go.id– Dalam kemeriahan kemenangan umat islam untuk menyambut lebaran idul fitri 1 syawal 1440 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Banggai pada kesempatannya melepas pawai obor keliling kota bersama. Pawai obor tersebut ditempatkan di areal Teluk Lalong, Selasa (04/06/2019) malam. Start di titik anjungan Teluk Lalong, Kecamatan Luwuk.

Gema takbir dan tahmid mengiringi perjalanan peserta pawai obor. Rombongan saat itu diikuti oleh Unsur Forkopimda yang terdiri dari Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim (tim I), Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo (tim II), Kepala OPD (Organisasi Pemerintah Daerah), Ketua PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kabupaten Banggai, MUI Kabupaten Banggai, Jajaran TNI/POLRI, BUMN dan BUMD, Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan dan seluruh elemen masyarakat yang hadir untuk mengikuti kegiatan.

Sementara itu rute diketahui terbagi dua jalur. Jalur pertama yakni, tim rombongan Bupati Banggai mengikuti rute Rujab Bupati Banggai, kompleks pertokoan. Sedangkan tim rombongan Wakil Bupati Banggai mengikuti arah kantor PLN, melewati jembatan jole dan sampai tiba finish bersama kembali ke titik anjungan Teluk Lalong.

Bupati Banggai sebelum melepas pawai obor mengatakan, kegiatan ini salah satu bentuk kesyukuran kita bersama dalam rangka menyambut hari raya idul fitri 1 syawal 1440 Hijriah atas apa yang sudah kita laksanakan selama sebulan penuh.

“Tahun kemarin kita ikuti dengan memakai kendraan bermotor dan alhamdulillah tahun ini kita sepakati untuk mengisi pawai takbir ini dengan cara berjalan kaki sambil kenakan obor keliling kota,”ucapnya.

Bupati Banggai saat memberikan sambutan sebelum melepas para peserta pawai obor,[Foto;Istimewa]
Bupati Banggai pun menjelaskan, ini adalah suatu bentuk kearifan lokal kita yang hampir punah dan bersama Pemerintah Kabupaten Banggai mengajak untuk melestarikan budaya pawai obor ini sampai seterusnya.

“Saya Bupati Banggai bersama Unsur Forkopimda lainnya mengharapkan, kegiatan pawai obor menyambut hari raya idul fitri ini agar tertib dan dalam perjalanan keliling kota agar tetap selalu menggelorakan PINASA (Pia Na Sampah Ala) lihat sampah langsung ambil,”tambahnya.

Insyallah bagi para peserta yang terbaik, apalagi setelah sampai di garis finish membawa sampah di karung dan menaruhnya di tempat sampah, Kami Pemerintah Kabupaten Banggai akan memberikan bingkisan istimewa yang langsung di nilai oleh panitia penyelenggara pawai obor. Ini merupakan ungkapan kebahagian bersama-sama. Dan saya mengharapkan lagi agar pawai obor tahun ini bisa lebih baik atau sukses dari tahun sebelumnya. Tutup Bupati Banggai.**

 

 

(Tim Liputan Diskominfo)