Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei tahun 2017 di lapangan alun-alun Luwuk Kabupaten Banggai dengan inspektur upacara  Bupati Banggai H. Herwin Yatim dan dihadiri oleh unsur forkopimda beserta perangkat daerah dan seluruh sekolah dan lembaga pendidikan sekolah di Luwuk.

Dalam upacara tersebut Bupati Banggai H. Herwin Yatim menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi dengan tema ” Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas “, . Di  dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut Bupati Banggai Herwin Yatim menyampaikan tema yang terkait erat dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi.

Bupati Banggai Herwin Yatim  mengajak kita semua untuk meresapi dan merenungi tema tersebut untuk dapat di wujudkan bersama-sama. Dengan begitu maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas, selain itu menteri pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendi atas nama pemerintah menyampaikan penghargaan dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di seluruh tanah air.

Mereka adalah yang telah mengabdi dan berkorban demi kemajuan pendidikan. Pengabdian dan pengorbanan tersebut sejauh ini telah membuahkan hasil yang mengembirakan. Sekalipun disana sini masih banyak masalah dan menimbulkan ketidakpuasan.

Dengan demikian Muhadjir Effendi pun berharap semoga keberhasilan tersebut semakin memacu semangat dan usaha keras kita. Sedang adanya masalah yang belum terselesaikan dan ketidak puasan yang ada, justru semakin melipat-gandakan energi, kehendak, dan ikhtiar kita untuk menemukan terobosan terobosan baru.