Luwuk, BanggaiKab.go.id – Sebanyak 10 Pejabat Tinggi Pratama (PTP) Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, dilantik. Kesepuluh pejabat itu, dilantik karena semuanya berprestasi sehingga Bupati Banggai, Dr (cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, menilai mereka layak diberikan jabatan strategis dalam memimpin organisasi perangkat daerah.

Mereka masing-masing, Drs. Irpan Poma, ME, Ir. Usman Suni, MM, Drs. Tasrik Djibran, Ernaeni Mustatim, SH.,MH, Drs. H. Muh Kamil Datu Adam, Msi, Muh Safari Yunus, SH.,Msi, Drs. Benyamin Pongdatu, Msi, Ir. Ferlin Yunice Teodora Mongesang, MSi, Drs. Rudi Purwana K Bullah dan Nurjalal Amir, SH.

Ruang rapat umum Kantor Bupati Banggai, Rabu (29/05/2019), menjadi saksi bisu kesepuluh Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaik di Kabupaten Banggai dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Banggai, Dr (cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si, Danpos Lanal Luwuk, Ipda Danang dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Berdasarkan keputusan Bupati Banggai Nomor 821.2/785/Bkpsdm tentang pengangkatan Pejabat Tinggi Pratama Eselon II.b tertanggal 29 Mei 2019 menyebutkan, Drs. Irpan Poma, ME, yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Balantak Selatan dipercayakan sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banggai menggantikan Ernaeni Mustatim, SH.,MH.

Sementara mantan kepala bagian informatika dan komunikasi zaman pemerintahan almarhum Bupati Sudarto itu, dipercayakan menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Banggai menggantikan Drs. Rudi Purwana K. Bullah. Rudi Bullah dipercayakan oleh bupati sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai menggantikan Ir. Ferlin Yunice Teodora Mongesang, MSi. Ferlin sendiri dipercayakan menduduki jabatan sebagai Kepala dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai.

 

 

Selain itu, masih ada nama lain yakni Drs. H. Muh Kamil Datu Adam, MSi dan Muh. Safari Yunus, sh MSi. Keduanya hanya bertukar jabatan yang sebelumnya jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Infrastruktur dan Penataan Ruang diemban oleh Safari, kini diserahkan kepada Muh. Kamil dan demikian pula dengan jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang dijabat Muh kamil diserahkan kepada Muh. Safari Yunus.

Posisi aman dalam jabatan dan tidak bisa digoyahkan oleh orang lain sejak dipercayakan sebagai pelaksana tugas ada dua orang yakni Ir. Usman suni, MM dan Drs. Benyamin Pongdatu, MSi. Usman ditetapkan dalam posisi sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Banggai. demikian hal dengan Drs. Benyamin Pongdatu, MSi pada jabatan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banggai.

Drs. Tasrik Djibran terpaksa harus melepaskan jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai dan menyerahkan kepada mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Banggai, Nurjalal Amir, SH. Sedangkan dirinya dipercayakan sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai, Dr (cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM dan Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo dalam sambutan lepas berharap agar seluruh pejabat yang telah dilantik dan diberikan kepercayaan, agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku, agar dikemudian hari tidak terjerat dengan hukuman tindak pidana.

Selain melantik 10 ASN terbaik Kabupaten Banggai, bupati juga melantik 27 pejabat administrator eselon III.a dan III.b lingkup Pemda Kabupaten Banggai. (***)

 

Tim Liputan Media Kominfo Banggai